detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 03 Apr 2017 18:59 WIB

Chris John Berinisiatif Dirikan Museum Tinju Pertama Indonesia

Mukhlis Dinillah - detikSport
Foto: Mukhlis Dinillah/detikSport
Jakarta - Chris John bakal mewujudkan impiannya membangun museum tinju pertama di Indonesia dalam waktu dekat. Museum itu dibangun di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Museum tinju itu nantinya akan dikelola langsung oleh Chris John Foundation (CJF). Dalam pembangunannya CJF akan bekerjasama dengan Pemkab Purwakarta selaku tuan rumah

"Tadi kami bertemu bupati menyampaikan rencana kami membangun museum tinju ini. Ternyata sambutannya baik," kata Chris John usai bertemu Dedi Mulyadi di Pemda Purwakarta, Senin (3/4/2017).

Mantan petinju dengan rekor sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa itu menjelaskan museum tinju tersebut akan menyimpan informasi digital mengenai sejarah tinju nasional dan dunia. Tidak hanya itu, lanjut dia, akan ada juga patung lilin petinju legendaris Indonesia.

"Nanti informasinya dikemas dalam bentuk digital. Mau dibuat juga patung lilin petinju-petinju yang pernah mengharuskan nama Indonesia dipentas duni," jelas pria 37 tahun itu.

"Saya kira akan memorable, momen perjalanan para legendaris tinju ini harus diketahui masyarakat," menambahkan.

Menurutnya keberadaan museum tinju ini nantinya sangat penting. Sebab, masyarakat akan mengenal para petinju yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Sehingga, tidak hilang ditelan zaman.

"Selama ini masyarakat banyak yang tidak tahu petinju-petinju terdahulu. Padahal, mereka berprestasi di tingkat dunia. Sehingga, perlu wadah untuk menginformasikan itu," ungkap Jhon.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mendukung penuh rencana pembangunan museum itu. Bahkan, Dedi mengusulkan memberi nama tempat itu sebagai museum Chris John.

"Kami dukung tentunya. Beri saja namanya museum Chris John. Kan dia juga salah satu legenda tinju Indonesia," kata Dedi.

"Rencananya Desember tahun ini selesai dibangunnya museum (tinju) itu," pungkas Dedi.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com