DetikSport
Minggu 16 April 2017, 13:45 WIB

Tim Arden yang Kini Sudah Kompetitif

Lucas Aditya - detikSport
Tim Arden yang Kini Sudah Kompetitif Foto: ist.
Manama - Tim Pertamina Arden mulai unjuk gig di balapan pertama Formula 2 musim 2017 setelah beberapa tahun terakhir tampil kurang oke di ajang itu.

Arden tak pernah memenangi balapan di ajang F2 sejak tahun 2013. Catatan terbaik tim asal Inggris adalah posisi sembilan konstruktor di tahun yang sama.

Di musim balap 2017, Arden dipilih oleh driver Indonesia, Sean Gelael, sebagai tim yang dibela di ajang F2.

Perombakan pun dilakukan. Engineer yang bagus, Gaetan Jego, didatangkan agar mobil yang ditunggangi oleh Sean dan rekan setimnya, Norman Nato, menjadi lebih lebih kompetitif.

Hasilnya sudah tampak dari feature race, Sabtu (15/4/2017). Nato menjadi runner-up. Sementara itu, Sean yang terkena dua kali penalti masih finis di urutan 17.

Sean GelaelSean Gelael Foto: ist.

Sean yang musim lalu tampil kurang oke dengan finis di posisi 15 dengan raihan 24 angka optimistis penampilannya bakal lebih bagus musim ini. Dia mengungkapkan perbedaan Arden dengan timnya musim lalu, Campos.

"Masalah tahun lalu lebih kurangnya konsistensi dan kurangnya sosok pemimpin. Dan di tahun ini sudah ada peningkatan. Kalau ada masalah di hari balapan, saya pikir ada lebih banyak pengalaman dan bisa bersikap lebih tenang. Saya pikir tim sudah tahu apa yang dicari dari pebalapnya untuk membuat mobil lebih baik lagi," kata Sean dalam perbincangan dengan pewarta di Manama, Bahrain.

"Untuk kontrol semua itu jauh lebih sistematis dan jauh lebih terkendali. Untuk peningkatan mobil dan perbaikan penampilan pebalap sudah lebih baik. Balap itu bukan sulap, jadi butuh persiapan detil di semua sisi," imbuhnya.

Jego yang menjadi aktor utama bagusnya penampilan Arden, bersikap merendah. Dia menilai bahwa atmosfer tim yang amat kondusif menjadi kunci perbaikan penampilan tim.

"Saya pikir atmosfer dan orang-orangnya tidak sama. Ada perubahan di kedua race, yakni engineer, dua pebalapnya baru, semua orang bekerja bersama-sama, semua orang bekerja untuk tujuan yang sama dan saya pikir itu banyak membuat perubahan," ungkap Jego.

"Itu banyak membantu dan sejak tes pertama di Barcelona, kami selalu bisa mengoptimalkan mobil dan memperbaiki penampilan mobil. Saya pikir itu yang utama. Ya saya pikir kami mempunyai banyak anggota tim yang bagus dan dua pebalap sangat termotivasi, jadi itu akan bagus," imbuh pria asal Prancis itu.


(cas/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed