DetikSport
Selasa 18 April 2017, 21:31 WIB

Persiapan Asian Games Lambat, Keppres Kepanitiaan Diusulkan Diubah

Mercy Raya - detikSport
Persiapan Asian Games Lambat, Keppres Kepanitiaan Diusulkan Diubah Foto: -
Jakarta - Belum maksimalnya tugas pokok dan fungsi kepanitiaan Asian Games 2018 Jakarta Palembang, memunculkan usulan perubahan Keputusan Presiden Asian Games yang baru. perubahan diharapkan bisa memberikan percepatan.

Sejak ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, tercatat Keputusan Presiden Asian Games sudah berganti sebanyak tiga kali. Pertama Keppres nomor 12 tahun 2015 tentang Panitia Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Lalu Keppres nomor 22 tahun 2016 tentang perubahan atas keputusan Nomor 12 tahun 2015 tentang panitia nasional penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018, kemudian Maret 2017 Keppres nomor 7, yang isinya soal penunjukkan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai Ketua Pengarah Kepanitian Asian Games 2018 dari sebelumnya dijabat oleh Presiden RI Joko Widodo.

Nah, rencananya dalam waktu dekat Keppres baru akan dibuat kembali untuk menggantikan Keputusan Presiden sebelumnya. Usulan itu muncul pada rapat yang digelar pada Selasa (18/4) pagi tadi.

"Jadi pagi tadi kami rapat tentang Keppres Asian Games. Keppres yang ada akan diganti lagi. Tempo hari kan ada Keppres 12 lalu ada Keppres 22, dan bulan Maret ada Keppres No 7 yang isinya Bapak JK sebagai Ketua Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018. Nah, ini akan ada Keppres baru lagi, tentang panitia penyelenggaraannya. Jika Keppres itu diberlakukan maka yang sebelumnya akan dicabut," kata Wakil Ketua II INASGOC, Gatot S. Dewa Broto, yang juga Sekretaris Menpora, di Media Center Kemenpora, Selasa (18/4/2017).

Gatot tidak menyebut siapa yang mengusulkan pergantian Keppres itu pertama kali. Hanya dia mengakui pergantian Keppres ini lantaran masih lambatnya persiapan Asian Games sehingga perlu dilakukan pendetailan struktur kepanitiaan penyelenggaraan Asian Games.

"Siapa yang usulkan itu tidak jadi masalah. Yang jelas ini untuk percepatan persiapan Asian Games," kata Gatot.

"(Memang selama ini) kurang (cepat persiapannya). Tetapi paling tidak di Keppres nanti akan dibagi secara spesifik pembagian tugasnya yang lebih detail. Seperti panitia pelaksanaan itu adalah ranah INASGOC, kemudian infrastruktur lebih dibakukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), dan prestasi itu tanggung jawab sepenuhnya Menpora," jelas dia.

"Ya harapannya (dengan adanya Keppres baru) bisa lebih cepat dan efisien," ujar Gatot.
(mcy/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed