detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 22 Apr 2017 12:32 WIB

Banyuwangi International BMX Resmi Dibuka

Ardian Fanani - detikSport
Foto: Ardian Fanani/detikSport Foto: Ardian Fanani/detikSport
Jakarta - Perhelatan Banyuwangi International BMX resmi dibuka oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (22/4/2017). Sebanyak 301 atlet BMX akan bertanding di Sirkuit Muncar, Banyuwangi.

Bupati Anas mengatakan kejuaraan ini bukan hanya even Banyuwangi saja, melainkan juga membawa nama Indonesia.

"Ini bukan even Banyuwangi tapi dunia. Banyak pembalap dunia yang hadir di sini," kata Anas usai membuka acara tersebut.

Kompetisi BMX kelas C1 ini telah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Para peserta dari manca negara akan saling beradu kemampuan di kompetisi ini. Ada lima negara yang berpartisipasi yakni Malaysia, Australia, Hongkong, Amerika Serikat, dan Jepang. "Malaysia bahkan menurunkan empat tim, yakni tim nasional, Serawak, Selangor, dan Trengganu," jelas Anas.

Banyuwangi International BMX Resmi DibukaFoto: Ardian Fanani/detikSport


UCI sendiri telah menunjuk Kevin Braybon dari Australia sebagai Chief of Commissaire di ajang ini. Even sport tourism yang masuk agenda Banyuwangi Festival 2017 ini merupakan tahun kedua penyelenggaran.

Timnas Indonesia sendiri, imbuh Anas, menurunkan 15 atletnya untuk berlaga langsung di 3 kelas yang dilombakan, termasuk Tony Syarifudin dan Elga Charisma Novanda.

Sirkuit BMX yang terletak di Desa Kedungrejo, Muncar ini merupakan sirkuit berstandar internasional terbaik di Indonesia.

"Sirkuit BMX Muncar ini dibangun sesuai dengan kriteria seperti yang distandarkan oleh UCI. Seperti panjang lintasan, kemiringan lintasan, serta tinggi tanjakan sesuai standar. Dibandingkan daerah lain di Indonesia, menurut Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari, yang tahun lalu turut hadir, sirkuit Muncar ini memiliki tingkat kesulitan lintasan sepeda jauh lebih bagus divanding sirkuit lain di Indonesia," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi.

Sirkuit BMX Muncar merupakan sirkuit milik Pemkab Banyuwangi yang mulai dibangun 2015. Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektare ini awalnya digunakan pada pergelaran Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) V tahun 2015 saat Banyuwangi menjadi tuan rumah.

Sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang bervariasi, yakni 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. Lintasan tersebut memiliki 17 tanjakan (jumping) dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 meter hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat. (din/din)
bmx
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed