DetikSport
Senin 24 April 2017, 01:17 WIB

Sain Alim dan Yulianingsih Juarai Jogja Marathon 2017

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Sain Alim dan Yulianingsih Juarai Jogja Marathon 2017 Foto: ist.
Yogyakarta - Mandiri Jogja Marathon 2017 baru saja selesai digelar. Ajang perpaduan antara olahraga dan festival kulineran memunculkan Sain Alim dan Yulianingsih sebagai pemenang.

Sebanyak 6.210 pelari ambil bagian dalam ajang marathon internasional yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta dan Bank Mandiri untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya lokal tersebut.

Ajang ini melombakan 4 kategori, yakni 42 km (full marathon) diikuti oleh 1,075 pelari, 21 km (half marathon) sebanyak 1.660 pelari, 10 km oleh 1.535 pelari dan kategori 5 km yang diikuti oleh 1.940 pelari.

Ada 20 pelari nasional serta 11 pelari internasional dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan Amerika Serikat ikut dalam ajang ini yang memperebutkan total hadiah Rp783,5 juta. Ini adalah kali pertamanya ajang Maraton digelar di Jogjakarta dan Gubernur Jogja Sri Sultan Hamengkubuwono X didaulat membuka acara ini pada Minggu (23/4/2017), pukul 04.00 pagi WIB.

Sain Alim dan Yulianingsih Juarai Jogja MarathonFoto: ist.

Memilih lokasi start dan finis di kawasan Candi Prambanan, lomba marathon internasional yang baru pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta itu menempuh rute-rute yang memperlihatkan keindahan alam dan kekayaan budaya lokal dengan melewati 13 desa dan 3 tujuan wisata utama di Yogyakarta, yakni Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Monumen Taruna.

Pelari Sain Alim tampil menjadi yang tercepat pada kelas paling bergengsi, kategori 42 km open putra dengan catatan waktu dua jam 49 menit 21 detik dan meraih hadiah Rp 70 juta.

Adapun runner up diraih pelari Eldak Kafolamau dengan waktu dua jam 53 menit 20 detik serta peringkat ketiga direbut Ishari setelah membukukan waktu tiga jam tiga menit satu detik 3:03:01.

Sedangkan pada kategori 42 km open wanita, tampil sebagai yang tercepat pelari Yulianingsih dengan waktu tiga jam tujuh menit 33 detik dan juga meraih Rp 70 juta.

Sementara runner up dan peringkat ketiga diraih pelari Mery Paijo dan Irma Handayani dengan catatan waktu masing-masing, tiga jam 13 menit 25 detik dan tiga jam 28 menit 12 detik

Melalui penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon, perseroan berharap dapat turut mengembangkan sport tourism di Tanah Air, khususnya di wilayah-wilayah yang memiliki potensi wisata yang besar.

"Sebagai kota budaya, Yogyakarta perlu memiliki event olahraga yang bisa mengangkat dan mempromosikan kekayaan budayanya di tingkat internasional sehingga bisa meningkatkan angka kunjungan wisata di Yogyakarta, pada khusunya dan Indonesia, pada umumnya. Ke depan, kami berharap bisa terus meningkatkan kualitas Mandiri Jogja Marathon ini agar semakin banyak pelari yang ikut dan hadir di Yogyakarta," tutur Direktur Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dalam jumpa pers.

"Sebagai ajang marathon pertama di Yogyakarta, kami cukup puas dengan animo peserta yang ambil bagian. Ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berolahraga, serta semakin populernya olahraga lari di Tanah Air," lanjut Kartika.

Bank Mandiri selaku sponsor juga menjadikan ajang maraton ini sebagai event memperkenalkan produk keuangan yang dimiliki Bank Mandiri, khususnya sebagai alat pembayaran. Maka sebagai bagian dari Jogja Maraton ini, digelar juga Mandiri Karnaval yang menampilkan hiburan musik dari musisi lokal, bazar kuliner dan produk kreasi UMKM binaan Pemprov DI Yogyakarta dan Bank Mandiri.



(mrp/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed