DetikSport
Rabu 03 Mei 2017, 22:40 WIB

Jaga Kinerja, Menpora Terapkan Transparansi dan Perjanjian Kerja Internal

Mercy Raya - detikSport
Jaga Kinerja, Menpora Terapkan Transparansi dan Perjanjian Kerja Internal Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Imam Nahrawi terus berupaya menjaga kinerja di kementriannya. Dia melakukannya dengan cara transparansi dan membuat perjanjian kerja internal dengan para deputi.

Ditemui di Wisma Kemenpora, Rabu (3/5/2017), Imam mengatakan dasar pembuatan perjanjian kerja itu adalah demi memenuhi kewajiban dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

"Kami akan buat rutin setiap tahun (perjanjian kerja) untuk memastikan bahwa semua pejabat di semua eselon untuk terus bertanggung jawab dan mengawal target kinerja," kata Imam menjelaskan.

Penandatanganan perjanjian kerja - atau yang disebut Imam sebagai nota kesepahaman - dilakukan demi memastikan pejabat di semua eselon bertanggung jawab dan mengawal target kinerja yang sudah ditetapkan.

Dalam lembar nota kesepahaman termuat sasaran-sasaran, poin indikator kinerja, serta prosentase pemenuhan target. Dengan poin-poin tersebut setiap pejabat bisa diketahui performa kerjanya dan bagaimana pemenuhan tanggung jawabnya. Ini bukan kali pertama Imam menerapkan perjanjian kerja seperti ini di kementriannya.

"Kami akan buat rutin setiap tahun untuk memastikan bahwa semua pejabat di semua eselon untuk terus bertanggung jawab dan mengawal target kinerja. Kami membuat nota kesepahaman ini supaya lebih mengikat dan menghindari sisi subyektifitas dari sisi atasan. Untuk melakukan reward and punishment," tambahnya.

Imam menyebut ada konsekuensi yang akan diterima jika nantinya seluruh aparatur tidak bekerja sesuai dengan kesepakatan nota kesepahaman. Bentuk sanksinya pun beragam dimulai dari mutasi hingga dipecat. "Bisa jadi dimutasi, dirotasi, atau kemudian non job dsb. Tergantung nanti seperti apa," tegas dia.

Hal lain terkait upaya meningkatkan kinerja kementriannya, Imam juga melakukan transparansi terkait jumlah pagu program yang akan dijalankan. Dalam lembar nota kesepakatan yang ditandatangani dan salinannya diterima wartawan, tercantum besarnya pagu masing-masing program.

- Program Kepemudaan dan Keolahragaan Rp 1.412.336.518.000.
- Program Pembinaan Olahraga Prestasi Rp 1.304.332.045.000
- Program Dukungan Manajemen dan Pelaksana Tugas Teknis Lainnya Kemenpora Rp 262.373.016.000
- Program Peingkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Kementrian Pemuda dan Olahraga Rp 30.526.700.000
(mcy/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed