DetikSport
Jumat 19 Mei 2017, 19:48 WIB

Menpora Berencana Setarakan ISG dengan Asian Games

Mercy Raya - detikSport
Menpora Berencana Setarakan ISG dengan Asian Games Imam Nahrawi di kantor Kemenpora, Jumat (19/5/2017). Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi berencana membuat Islamic Solidarity Games (ISG) setara dengan Asian Games. Masalah anggaran akan dipikir-pikir dulu.

ISG tidak pernah menjadi target utama dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Begitu pula ISG tahun ini. Pemerintah dan Satlak tidak mematok target muluk, cukup peringkat lima.

Menpora Imam berencana mengubah paradigma itu. Menteri asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur tersebut akan menjadikan ISG sebagai salah satu sasaran utama prestasi Indonesia. Imam menilai persaingan di ISG kompetitif.

"Pertama dari sisi keikutsertaan pesertanya yang ikut ISG itu ada 58 negara. Itu artinya melebihi Asian Games. Sementara dari segi kualitas negara-negara yang ikut betul-betul memungkinkan bagi Indonesia untuk mengejar pengalaman dari mereka," kata Imam, menyoal alasan ISG jadi prioritas di Kantor Kemenpora, Senayan, pada Jumat (19/5/2017).

"Bayangkan negara yang maju yang bertanding di ISG itu ada negara Arab, Qatar, belum ada negara berkembang dan sebagainya. Sangat produktif. Karenanya, sedang kami pikirkan ke depan ISG juga harus menjadi prioritas nasional," tambahnya.

"Jadi bukan semata-mata pemanasan untuk Asian Games dan SEA Games, tetapi ISG, Asian Games, SEA Games, termasuk Olimpiade itu menjadi puncak harapan kita meraih medali," ujar dia.

Dengan target itu, pemerintah akan menyediakan anggaran juga seperti untuk menghadapi Asian Games dan SEA Games.

"Kami sedang pikirkan meski di tahun 2017 ini kami hanya menganggarkan keberangkatan maupun akomodasi saja. Sementara yang lain-lain belum tersedia. Kecuali di APBN-P perubahan ada tambahan," katanya.


(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed