DetikSport
Selasa 23 Mei 2017, 12:40 WIB

Makna Nomor 69 di Motor Nicky Hayden

Randy Prasatya - detikSport
Makna Nomor 69 di Motor Nicky Hayden Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
FOKUS BERITA: RIP Nicky Hayden
Jakarta - Nicky Hayden identik dengan nomor 69 saat membalap di MotoGP dan menjadi juara dunia di tahun 2006. Nomor tersebut berhubungan erat dengan ayahnya.

Hayden memulai kiprah di balapan MotoGP pada 2003 dengan menggunakan nomor motor 69. Dengan nomor itu, dia berhasil meraih gelar juara dunia untuk pertama dan terakhir kalinya.

Nomor itu dia pilih bukan tanpa alasan. Nomor 69 merupakan warisan ayahnya, Early Hayden, saat jadi pebalap di dirt track. Ayahnya juga merupakan sosok pria yang diboncengi Kentucky Kid saat merengkuh gelar juara dunia.

[Baca Juga: Kenangan Terbaik Rossi Bersama Hayden]

"Saya sering terjatuh, jadi saya butuh nomor yang bisa dibaca sama, baik dari sisi atas maupun bawah," kata Earl Hayden menjelaskan alasan memilih nomor 69 seperti dikutip dari BBC Sport.

Di musim 2007 Hayden menanggalkan nomor 69. Dia memilih nomor 1 yang memang jadi hak dia sebagai juara dunia musim sebelumnya. Tapi di musim 2008 dia kembali menggunakan nomor 69 setelah Casey Stoner merebut takhta juara dunia.

Nomor yang sama masih dipakai Hayden saat dia meninggalkan MotoGP dan berlaga di Superbike.

Kini, pebalap yang identik dengan nomor 69 itu sudah meninggal dunia. Hayden menghembuskan napas terakhirnya di ruang ICU Rumah Sakit Bufalini di Cesena, Senin (22/5/2017) waktu setempat.
(din/mrp)

FOKUS BERITA: RIP Nicky Hayden
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed