detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Mei 2017 17:39 WIB

Sepang Akan Dipoles Jadi seperti Suzuka

Mercy Raya - detikSport
Balapan MotoGP di Sirkuit Sepang (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Pihak pengelola Sepang International Circuit (SIC) di Malaysia berniat memoles sirkuitnya. Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang, menjadi kiblatnya.

CEO SIC Dato Razlan Razali mengatakan rencana itu diharapkan bisa terwujud pada 2020. Pasalnya, hingga saat ini master plan proses pembangunan sudah ada dan tinggal ditindaklanjuti.

"Kami harap trek lengkap tahun 2020. Begitu dengan fasilitas hotelnya akan kami bangun. Kami ingin seperti sirkuit Suzuka di Jepang," kata Razlan di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Razlan menyebut sirkuit Suzuka jadi kiblat karena sirkuit itu dinilainya paling lengkap fasilitasnya untuk balapan. "Kami ingin seperti Sirkuit Suzuka karena itulah yang paling lengkap sejauh ini," ujarnya.

Dia sendiri tidak menyebut secara detail mengenai rencana itu kendatipun masterplan-nya sudah ada di tangan. "Sebenarnya Suzuka telah memberikan proposalnya dua tahun sebelum ini untuk membuat sirkuit yang sama mereka. Kami bekerja sama dengan Suzuka."

Pembangunan ini, imbuh Razlan, akan menggunakan anggaran sendiri dari Sepang International Circuit (SIC). "Kami diberitahukan bahwa kerajaan Malaysia tidak akan dukung karenanya kami akan pakai anggaran sendiri dari SIC. Tapi ini adalah satu plan yang begitu realitis lah yang kita tuju untuk ke depan."

Dengan lengkapnya fasilitas sirkuit dalam waktu waktu tiga tahun ke depan, Razlan berharap, Sepang bisa menggelar lebih banyak jenis balapan. Tak terkecuali, MXGP.

"Kami mendapat banyak proposal dari segi balapan endurance, Japan GP mau datang, motorcycling endurance banyak event yang mau datang selepas F1. MXGP tentu bisa jika kita punya," ujarnya.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com