ADVERTISEMENT

Timnas Voli Putri Berfokus Genjot Daya Tahan dan Kualitas Individu

Mercy Raya - Sport
Jumat, 02 Jun 2017 13:15 WIB
Aprilia Manganang antusias menyambut SEA Games 2017. Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Bogor - Para pemain tim nasional voli putri tetap berlatih dua kali sehari meski bulan Ramadan. Saat ini, Aprilia Manganang dkk. menggeber daya tahan dan kulitas individu.

Timnas voli yang diisi 14 pemain disiapkan menuju SEA Games 2017 Kuala Lumpur di bulan Agustus. Tim yang dilatih Risco Herlambang itu tak terganggu bulan puasa.

Pelatnas yang dimulai sejak 14 Mei di Padepokan Voli Sentul, Bogor masih berfokus pada peningkatan daya tahan dan perbaikan individu. Untuk pengembangan kerja sama tim dan ujicoba belum bisa dilaksanakan.

"Kami baru mulai latihan, sekitar tiga minggu lalu jadi belum latihan tim, masih banyak berfokus pada daya tahan dan perbaikan individu," kata Aprilia, saat dihubungi detikSport, Jumat (2/6/2017).

Namun, Aprilia tak risau dengan tahapan itu. Sebab, bukan kali ini saja mereka berkumpul dalam timnas.

[Baca Juga: Ini Dia Skuat Timnas Voli Putra dan Putri ke SEA Games 2017]

"Sudah kompak kok cuma memang kan perlu dikuatkan lagi karena ini olahraga tim. Selain itu skuat juga sudah lengkap dan jumlahnya sudah sedikit dari sebelumnya ada 18 atlet," tuturnya.

Sebelum turun di SEA Games Kuala Lumpur, 19-30 Agustus, tim voli akan lebih dulu menjajal kemampuannya di dua ujicoba. Pertama di Kejuaraan Asia di Vietnam bulan Juli, kemudian ke Jepang.

"Di Vietnam kami ada pertandingan dan sekaligus untuk melihat peta kekuatan lawan. Sementara di Jepang lebih ke training camp dan sparring," katanya.

Aprilia optimistis dia dan rekan-rekannya bisa menjawab hal itu. Dia juga menyebut target itu realistis mengingat Thailand masih merupakan negara terkuat Asia Tenggara, khususnya cabang voli.

"Saya optimistis saja lawan siapapun. Tahun ini kita ditarget perak tentu harus bisa kerja keras, kami tak mau dong peringkat tiga terus," kata Aprilia.

"Lagipula target itu masih realistis karena Thailand tim solid jadi berat untuk dikalahkan. Kalau Filipina kita seimbang, sementara Vietnam juga bagus," tambahnya.

(mcy/fem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT