DetikSport
Minggu 09 Juli 2017, 08:22 WIB

CEV International Championship

Andi Gilang Start dari Baris Terdepan di Valencia

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Andi Gilang Start dari Baris Terdepan di Valencia Andi Gilang (Foto: Astra Honda Racing Team)
Valencia - Andi Gilang membuka peluang untuk naik podium pada ajang FIM CEV International Championship 2017 di Sirkuit Valencia, Spanyol. Dalam sesi kualifikasi, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) itu menempati posisi ketiga.

Andi, yang tampil di kelas CEV Moto3 Junior World Championship, mencatat waktu terbaik 1 menit 40,291 detik dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Sabtu (8/7/2017).

Dengan hasil tersebut, Andi berhak start dari baris terdepan di posisi ketiga dalam balapan yang akan dilangsungkan pada Minggu (9/7). Pole position direbut pebalap Spanyol, Vicente Perez, yang mencatat waktu 1 menit 40,115 detik. Sementara itu, pebalap Jepang Kazuki Masaki akan start dari posisi kedua setelah mencatat waktu 1 menit 40,159 detik dalam kualifikasi.

"Saya sangat senang bisa start di baris terdepan. Sejak latihan bebas pada hari Kamis hingga hari ini, settingan motor saya semakin bagus di setiap sesi mulai sesi latihan hingga kualifikasi," ujar Andi dalam rilis yang diterima detikSport.
Andi Gilang Start dari Baris Terdepan di ValenciaAndi Gilang (Foto: Astra Honda Racing Team)

"Motor mudah dikendalikan dan enak dibesut meski menempuh banyak lap. Saya dan tim akan me-review data yang sudah kami himpun, dan kami akan memilih mana yang cocok untuk balapan esok, masih ada sesi warm up untuk mencoba beberapa hal. Saya benar-benar fokus untuk menyelesaikan dua balapan dengan hasil yang optimal. Saya harus start dengan bagus tetap berada di grup terdepan," kata Andi, yang saat ini berada di posisi ke-14 klasemen kelas CEV Moto3 Junior World Championship dengan 11 poin.

Di kelas CEV Moto2 European Championship, pebalap AHRT Dimas Ekky Pratama akan start dari urutan keenam. Dimas mencatat waktu 1 menit 37,176 detik, lebih lambat 1,068 detik di belakang pebalap Brasil, Eric Granado, yang start di posisi terdepan.

Dimas sempat mengalami insiden dalam sesi kualifikasi kedua yang digelar pada sore hari. Dia jatuh di tikungan pertama sehingga motornya butuh perbaikan. Meski tim sudah bekerja keras dan berhasil memperbaiki motornya, Dimas tak punya banyak sisa waktu dan hanya bisa melahap tiga lap saja.
Andi Gilang Start dari Baris Terdepan di ValenciaDimas Ekky (Foto: Astra Honda Racing Team)

"Sayang sekali saya jatuh di tikungan pertama, meski terjatuh, kondisi saya oke, tapi kami akan melakukan ubahan pada sektor depan motor. Sekarang, saya dan tim akan memeriksa data untuk melakukan beberapa ubahan dan mencobanya saat sesi warm up, semoga bisa mengatasi masalah pada front end," kata Dimas.

"Start dari grid keenam besok, bukanlah hal buruk dan kami tetap optimis. Balapan esok hari akan sangat berat, tapi saya akan memberikan 100% untuk bertarung di depan lagi," ujarnya.

Andi dan Dimas masing-masing akan menjalani dua kali balapan pada Minggu (9/7). Balapan kelas Moto3 Junior World Championship akan dilangsungkan pada pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB, sedangkan untuk kelas Moto2 European Championship pada pukul 17.00 WIB dan 20.00 WIB. Balapan bisa disaksikan secara langsung melalui YouTube di channel FIM CEV.



(mfi/krs)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed