DetikSport
Sabtu 15 Juli 2017, 00:04 WIB

SEA Games 2017

Soal Kontingen Indonesia 'Gemuk', CdM: Satlak Prima yang Menentukan

Mercy Raya - detikSport
Soal Kontingen Indonesia Gemuk, CdM: Satlak Prima yang Menentukan Foto: Screenshot
Jakarta - Chef de Mission (CdM) Indonesia di SEA Games 2017, Aziz Syamsuddin, tak mau ikut campur soal jumlah kontingen yang akhirnya terlalu banyak jelang keberangkatan.

Dalam rapat koordinasi persiapan SEA Games yang digelar di Kantor KOI, Senayan, Jumat (14/7/2017), Aziz menyebut kontingen Indonesia secara resmi berjumlah 857 orang. Mereka terdiri atas 534 atlet, 166 ofisial, 55 tim CdM, dan 102 atlet serta ofisial yang ditanggung oleh PB/PP Cabor.

Jumlah ini lebih besar dari kontingen Indonesia pada SEA Games 2015 Singapura, di mana total kontingen hanya berkisar 547 dari 38 cabor yang dipertandingkan.

Padahal sebelumnya Menpora Imam Nahrawi cukup keras untuk masalah jumlah kontingen yang diberangkatkan ke multievent. Dia bahkan pernah menyebut angka 250 atlet yang akan diberangkatnya ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk efisiensi dan fokus medali. Tapi justru yang terjadi meningkat cukup besar.

Soal itu, Aziz mengatakan tidak ingin ikut campur. "Ya, yang menentukan bukan CdM, tapi Satlak Prima. Silakan tanya ke Satlak, karena yang menentukan baik itu atlet maupun ofisial adalah mereka,"kata Aziz.

"Jumlah ini sudah berdasarkan master list Surat Keputusan KOI. Kalau masalah berubah? kita lihat karena yang tandatangan KOI. Namanya atlet kan tergantung cabor yang diikuti. Di Malaysia ada 405 nomor yang dipertandingkan," tambahnya.

"Kalau olahraga tidak ada yang prioritas atau tidak, bagi saya semua prioritas, karena cabor itu secara resmi ada dan terdaftar di KONI," tuntasnya.



(mcy/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed