DetikSport
Senin 17 Juli 2017, 16:15 WIB

Taekwondoin Dhean Fazrin Tak Terganggu Status Debutan ke SEA Games 2017

Femi Diah - detikSport
Taekwondoin Dhean Fazrin Tak Terganggu Status Debutan ke SEA Games 2017 Dhean Titania Fazrin, salah satu muka baru di skuat taekwondo SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Foto: Hasan Al Habsyi/detikSport
Jakarta - SEA Games 2017 Kuala Lumpur bakal menjadi debut Dhean Titania Fazrin. Dia tak terbebani dengan target yang dipancang Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI).

Dhean, 19 tahun, masuk jajaran pelatnas lewat penampilan apik pada Pekan Olahraga nasional (PON) 2016 Jawa Barat. Dia pemilik medali emas dari kelas 46 kilogram putri.

Setahun berada di pelatnas, Dhean menunjukkan kemajuan di level internasional. Di antaranya dengan meraih medali perak dari kelas 49 kg di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku dan pemilik medali perak Kazakhstan Open 2017 (kelas 46 kg).

Selain itu, atlet kelahiran Indramayu, Jawa Barat itu, berhasil melaju sampai babak keempat Kejuaraan Dunia Taekwondo di Korea Selatan bulan Juni 2017. Turun pada kelas 46 kg, Dhean disingkirkan wakil Vietnam, Truong Thi Kim Tuyen.

Dhean pun digadang-gadang sebagai kuda hitam di SEA Games nanti. Dia tak keberatan.

"Meski tidak dijagokan untuk mendapatkan medali emas, tapi saya harus yakin dan harus bisa menjadikannya sebagai tantangan untuk bisa meraih medali di SEA Games nanti," kata Dhean dalam obrolan dengan detikSport, Senin (17/7/2017).

"Kalau melihat lawan-lawan, semua berat. Terutama, yang dari Vietnam karena saya belum pernah menang atas dia. Jadi, SEA Games nanti menjadi kesempatan saya untuk revans," tutur Dhean.

Dhean pun akan memanfaatkan waktu tersisa menuju SEA Games untuk memperbaiki kekurangannya. Bersama-sama pasukan taekwondo nasional lainnya, dia menggeber latihan tiga kali sehari. Selain itu, dia bersama pelatihnya, taufik Krisna, terus mempelajari permainan lawan lewat rekaman video.

Dari sisi mental, Dhean beruntung mendapatkan dukungan penuh dari keluarga. Malah ayah dan ibundanya yang mantan atlet daerah berharap agar Dhean mampu melampaui pencapaian mereka.

"Selain dukungan dari pelatih dan teman-teman satru pelatnas, keluarga juga terus memberikan suport agar saya terus maju. Kebetulan keluarga saya keluarga atlet, papa dan mama mantan atlet voli di level provinsi, jadi mereka memahami dan meminta saya untuk mampu menembus persaingan dunia," tutur Dhean.

Taekwondo menjadi salah satu cabang olahraga yang diharapkan menyumbangkan medali emas pada SEA Games 2017. Dua tahun lalu, taekwondo menyumbangkan dua medali emas dari nomor kyorugi.


(fem/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed