DetikSport
Selasa 18 Juli 2017, 15:30 WIB

Efisiensi Asian Games 2018 Pengaruhi Test Event Tiga Cabor

Mercy Raya - detikSport
Efisiensi Asian Games 2018 Pengaruhi Test Event Tiga Cabor Erick Thohir memangkas jumlah peserta tiga cabang olahraga di test event Asian Games 2018. (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Efisiensi anggaran Asian Games 2018 memengaruhi test event untuk tiga cabang olahraga. Meski tetap dihelat, kuota peserta untuk sepakbola, basket, dan voli dikurangi.

Presiden Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir merencanakan test event Asian Games 2018 akan dimulai Februari tahun depan. Nantinya ada sepuluh cabang olahraga (cabor) yang mendapatkan kesempatan untuk menjalani pemanasan sebelum benar-benar menjadi tuan rumah pada pesta olahraga negara-negara se-Asia empat tahunan itu. Cabor-cabor yang terpilih adalah panahan, atletik, pencak silat, sepakbola, basket, bulutangkis, tinju, taekwondo, voli, dan angkat besi.

Namun, dari sepuluh cabor yang direncanakan melakoni test event ada tiga di antaranya yang tak bisa dijalankan sesuai rencana. Itu demi pemangkasan biaya.

"(Untuk test event) masalah negara apa saja yang diundang ditentukan oleh cabornya. Tapi, seperti seperti sepakbola, basket, dan voli kami batasi partisipannya. Dari awalnya sembilan negara jadi tujuh negara. Ini untuk efisiensi," kata Erick, usai rapat koordinasi INASGOC bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

"Soalnya nanti untuk akomodasi, penginapan di atlet village semua ditanggung tuan rumah," tambahnya.

Sementara, selain sepuluh cabor itu maka test event akan digelar secara mandiri. namun, Erick masih butuh waktu untuk merapikan sistem administrasi. Sebab, sebelumnya masih menggunakan sistem pengadaan barang padahal harus menggunakan sistem test event.

"Cabor harus siap karena ini menggunakan anggaran negara maka sistem pengadaannya harus diubah menjadi sistem test event bukan pengadaan barang. Kami tengah memanggil 43 cabor ini untuk merapikan administrasi supaya cabor berikutnya tidak ada masalah lagi," ujar Erick.



(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed