DetikSport
Kamis 20 Juli 2017, 00:08 WIB

Ribuan Warga Musi Banyuasin Ramaikan Gerakan Gala Desa 2017

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Ribuan Warga Musi Banyuasin Ramaikan Gerakan Gala Desa 2017 Foto: Bagus/Kemenpora.go.id
Musi Banyuasin - Gerakan Gala Desa 2017 dilangsungkan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Gerakan ini mendapatkan sambutan meriah dari warga setempat.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi secara langsung membuka Gala Desa 2017 di Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (19/7/2017) pagi. Dalam pembukaan di Stable Berkuda, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, itu, Imam didampingi oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Benih Hernedi.

Pembukaan Gala Desa 2017 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Imam. Imam juga menandai dibukanya event ini dengan bermain bulutangkis, berpasangan dengan Bupati Musi Banyuasin, melawan atlet bulutangkis lokal.

Saat defile dari 14 kecamatan, ribuan warga Musi Banyuasin tampak sangat antusias menyambut event yang mempertandingkan enam cabang olahraga ini, yaitu sepakbola, bola voli, tenis meja, atletik, sepaktakraw, dan bulutangkis.
Ribuan Warga Musi Banyuasin Ramaikan Gerakan Gala Desa 2017Foto: Bagus/Kemenpora.go.id

Imam mengaku sangat kagum dan bangga dan menyampaikan salam hormat dari Presiden Jokowi kepada seluruh masyarakat Musi Banyuasin.

"Kemenpora dalam acara ini hanya menjadi pendorong dan penggerak. Selebihnya adalah bagaimana seluruh masyarakat desa di Indonesia betul-betul kembali ke tradisinya, yaitu membudayakan olahraga dan memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat. Kemenpora susungguhnya memayungi sekian banyak program unggulan olahraga di tahun 2017, ada Gala Desa, Gowes Pesona Nusantara dan Liga Sepakbola Pelajar," ucap Imam.

"Kali ini saya menyaksikan secara langsung Bapak Bupati dan seluruh masyarakat Musi Banyuasin betul-betul menjadikan Gala Desa sebagai momentum untuk menyamakan niat bahwa olahraga harus menjadi pilihan hidup kita. Dengan membudayakan olahraga berarti kita sudah memilih untuk hidup sehat dan bahagia dan ujungnya dengan berolahraga pasti harkat dan martabat sekaligus harga diri sebuah kabupaten dan provinsi bahkan negara akan terangkat ke atas dan akan mendatangkan banyak kemudahan dan kebaikan di masa yang akan datang," tambahnya.

Sebagai Menpora, Imam akan selalu mendukung komitmen Bupati Musi Banyuasin yang ingin menjadikan daerahnya sebagai kota olahraga. "Sekarang bagaimana memadukan olahraga dengan pariwisata sehingga akan lebih banyak lagi destinasi tempat d imana tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga masyarakat dunia datang ke Musi Banyuasin," katanya.

Sementara itu, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, Gala Desa merupakan program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan untuk menyebarkan semangat olahraga.

"Namun lebih jauh lagi program ini bisa digunakan sebagai sarana menemukan bibit-bibit olahragawan yang berbakat di Kabupaten Musi Banyuasin. Karena itu, kami Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin siap mendukung dan menyukseskan program Gala Desa," katanya.



(mfi/nds)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed