detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 23 Jul 2017 16:45 WIB

Turun di Nomor Marathon, Agus Prayogo Targetkan Emas di SEA Games 2017

Mercy Raya - detikSport
Agus Prayogo ikut nomor marathon di SEA Games 2017 (Foto: PB PON/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta - Pelari nasional Agus Prayogo menargetkan medali emas nomor marathon di SEA Games 2017 Malaysia. Saat ini persiapan sudah masuk prakompetisi.

Agus menjadi salah satu pelari yang disiapkan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) menuju SEA Games 2017 Agustus mendatang. Di ajang itu, Agus akan turun di tiga nomor yaitu marathon, 10.000 meter, dan 5.000 meter.

Sejauh ini kata Agus persiapannya sudah masuk tahap prakompetisi. Sejak ujicoba di Seoul Marathon 2017 Maret lalu, dia menghabiskan waktu dengan berlatih di Pangalengan, Jawa Barat. Di Seoul kemarin, Agus berhasil menorehkan catatan waktu 2 jam 21 menit.

"Catatan waktu untuk tahun ini saya masih memimpin di Asia Tenggara 2 jam 21 menit. Pesaing terdekat adalah Singapura (Soh Rui Yong). Dia menjadi salah satu yang saya antisipasi karena dia latihan di Amerika dan waktu di SEA Games Singapura kemarin dia meraih medali emas (2 jam 34, 56 detik)," kata Agus di Rasuna Epicentrum, Kuningan, Minggu (23/7/2017).

Sikap optimisme Agus diperkuat dengan statusnya yang baru pertama kali turun di nomor marathon di SEA Games.

"Saya sangat anstuasias karena ini pertama kalinya saya turun di nomor marathon di SEA Games," sambung peraih medali emas nomor 10.000 meter SEA Games 2015 Singapura ini.

"Banyak pertimbangan yang akhirnya saya pilih fokus ke marathon. Selain usia yang tidak lagi muda, kalau turun di nomor 10 ribu dan 5 ribu meter tentu akan lebih mengandalkan speed dan usia berpengaruh. Sedangkan bertambah usia maka endurence semakin bagus, makanya saya harus naik kelas," tambahnya.

Agus pun berharap dengan persiapan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari itu bisa membuahkan medali emas untuknya.

"Saya optimistis di marathon dapat meraih medali emas karena dari segi catatan waktu memimpin dan tahun pertama nomor marathon di SEA Games," sahut Agus.

"Tantangan tentu ada selain pesaing-pesaing saya lebih berpengalaman di marathon, pastinya nomor marathon adalah nomor yang ditunggu masyarakat Asia Tenggara, tidak hanya Indonesia. Mereka pasti ingin melihat siapa yang akan menjuarai marathon nanti," tutupnya.


(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com