DetikSport
Minggu 30 Juli 2017, 03:43 WIB

F2

Kena Penalti, Sean Gelael Urung Dapat Poin

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kena Penalti, Sean Gelael Urung Dapat Poin Sean Gelael (Dokumentasi Tim Pertamina Arden)
Mogyorod - Sean Gelael sebenarnya finis di posisi kesembilan dalam feature race F2 di Hongaria. Namun, karena terkena penalti, dia urung mendapatkan poin.

Sean memulai balapan sepanjang 36 lap di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (29/7/2017), dari posisi ke-20 setelah tak mencatat waktu dalam sesi kualifikasi pada hari sebelumnya karena mobilnya terhenti.

Pada lap pertama, Sean sudah naik ke posisi ke-16. Posisinya kembali naik satu tingkat pada lap ketujuh. Beberapa pebalap melakukan pitstop pada lap kesepuluh dan Sean naik ke posisi kesepuluh setelah melewati Sergio Sette Camara (MP Motorsport).

Sean masuk pit untuk mengganti ban pada lap ke-13. Kembali ke lintasan, dia berada di urutan ke-18 lalu naik satu posisi pada lap ke-17. Masuknya beberapa pebalap ke pit menguntungkan Sean. Pada lap ke-24, dia berada di urutan ke-14.

Drama lalu terjadi pada lap ke-25. Sergio Canamasas (Rapax) dan Robert Visoiu (Campos Racing) bersenggolan saat bersaing memperebutkan posisi kesembilan. Keduanya tidak bisa melanjutkan balapan. Safety Car masuk ke lintasan hingga akhir lap ke-27.

Balapan dimulai lagi pada lap ke-28. Sean merangsek maju dan langsung masuk 10 besar. Dia naik ke posisi kesembilan pada lap ke-31 menyusul kesalahan yang dilakukan Gustav Malja (Racing Engineering) yang ada di depannya.

Sean turun ke posisi kesepuluh setelah disalip Alexander Albon (ART Grand Prix) pada lap ke-33. Pada lap ke-34 atau tiga lap terakhir balapan, drama kembali terjadi. Artem Markelov (Russian Time) melintir keluar lintasan ketika bersaing ketat dengan pebalap DAMS, Oliver Rowland, dalam perebutan posisi terdepan balapan.

Safety Car kembali masuk ke lintasan. Saat itu Sean berada di posisi kesembilan. Safety Car memimpin balapan hingga memasuki akhir lap ke-36. Sean berhasil mempertahankan posisinya hingga garis finis.

Akan tetapi, seusai balapan, Sean dipanggil oleh steward terkait DRS. Pebalap berusia 20 tahun itu dinyatakan bersalah karena mengaktifkan DRS sebelum menyelesaikan dua lap dan oleh karena itu dikenai penalti sepuluh detik. Hukuman serupa juga dijatuhkan kepada Sette Camara.

Akibat penalti tersebut, Sean dinyatakan finis di posisi ke-14. Dia pun urung mendapatkan tambahan angka.

Sementara itu, rekan setim Sean, Norman Nato, finis di posisi ketujuh dan mendapatkan enam poin. Balapan sendiri dimenangi oleh Oliver Rowland (DAMS), sedangkan Nicholas Latifi (DAMS) dan Nyck De Vries (Rapax) masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga.

Para pebalap akan menjalani balapan kedua (sprint race) pada Minggu (30/7/2017) pada pukul 15.35 WIB. Balapan akan berlangsung dalam 28 putaran.



(mfi/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed