DetikSport
Minggu 30 Juli 2017, 05:39 WIB

Pebalap AHRT Tuntaskan Balap Ketahanan 4 Jam di Suzuka

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Pebalap AHRT Tuntaskan Balap Ketahanan 4 Jam di Suzuka Foto: Astra Honda Racing Team
Suzuka - Dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya, sukses menuntaskan Suzuka 4 Hours Endurance Race. Keduanya menempati posisi ketujuh dari 59 tim yang ikut serta.

Dalam balapan ketahanan di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (29/7/2017), Rheza dan Awhin mencatat waktu total 3 jam 30 menit dan 55,043 detik.

Balapan ketahanan ini memberikan banyak pengalaman berharga bagi Rheza dan Ahwin setelah menuntaskan balapan 4 jam dengan regulasi ketat dan menguras tenaga dan konsentrasi tersebut.

Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, mengatakan, balap ketahanan merupakan salah satu ajang balap terbaik dalam membantu proses pembentukan pebalap muda yang mengikuti pembinaan balap berjenjang AHM.

"Semangat para pebalap dan tim sangat luar biasa dan membanggakan. Mereka sukses melewati 4 jam balapan dengan hasil positif. Ini menjadi proses pembinaan dan pembelajaran yang sangat penting bagi pebalap muda dalam meraih mimpinya sampai ke ajang balap tertinggi. Terima kasih atas kerja keras seluruh tim Astra Honda Racing Team," ujar Thomas dalam rilis yang diterima detikSport.

Balap ketahanan ini sudah menguras tenaga Astra Honda Racing Team sejak awal. Kondisi cuaca yang berubah hujan mengharuskan tim segera mengganti ban basah sebelum memulai balapan. Meskipun demikian, Rheza yang memacu Honda CBR600RR langsung mampu mengisi posisi pertama saat bendera start dikibarkan.

"Balapan tahun ini lebih banyak tantangan dan membutuhkan konsentrasi tinggi karena banyak hal terjadi selama balapan seperti cuaca yang berubah dan banyaknya kecelakaan. Fokus harus tinggi dan tim juga harus bekerja keras menentukan strategi yang terbaik," ujar Rheza.
Pebalap AHRT Tuntaskan Balap Ketahanan 4 Jam di SuzukaFoto: Astra Honda Racing Team

Sementara itu, Awhin yang menggantikan Rheza sempat turun ke posisi 10. Perlahan dan pasti, Awhin dan Rheza akhirnya mampu bergantian memperbaiki posisi mereka dan kembali masuk ke posisi tiga besar besar saat balapan memasuki 1 jam terakhir.

Hingga waktu berakhir, Awhin dan Rheza pun mampu mempertahankan posisi ketiga hingga akhirnya menyentuh garis finis di akhir lomba.

Namun, nasib kurang beruntung dialami oleh Awhin. Awhin sempat melakukan kesalahan saat bendera kuning berkibar di sesi-sesi terakhir balap. Awhin melakukan overlapping pebalap yang berada pada posisi belakang sebelum melewati bendera hijau. Hal ini menyebabkan Astra Honda Racing Team harus menerima penalti dua lap dan harus puas duduk di posisi ketujuh.

"Balapan ini sangat membantu saya dalam meningkatkan fisik dan ketenangan saya. Saya juga banyak belajar mengenai regulasi balap. Ini pengalaman sangat berharga bagi saya untuk menghadapi ajang balap lain," ujar Awhin.

Top 10 Trial Suzuka 8 Hours Endurance World Championship

Sementara itu, Pebalap Satu Hati Honda Team Asia Dimas Ekky Pratama dan Ratthapong Wilairot telah melewati sesi Top 10 Trial dan mencatatkan waktu 2 menit 09,966 detik. Berdasarkan hasil tersebut, Dimas akan memulai balap di posisi 10 dari total 68 tim balap yang akan mengikuti ajang Suzuka 8 Hours Endurance World Championship di Suzuka, Minggu (30/7).



(mfi/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed