DetikSport
Rabu 02 Agustus 2017, 08:19 WIB

Peringatan Bolt kepada Para Atlet yang Pakai Doping

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Peringatan Bolt kepada Para Atlet yang Pakai Doping Usain Bolt (Matthew Childs/Action Images via Reuters)
London - Usain Bolt mengakui bahwa cabang olahraga atletik sempat berada di titik terendah gara-gara skandal doping. Bolt pun memberikan peringatan kepada para atlet yang masih memakai doping.

Dunia atletik digemparkan oleh terungkapnya skandal doping besar-besaran dan terstruktur yang dilakukan oleh Rusia pada November 2015 lalu. Akibat skandal tersebut, atlet-atlet Rusia dilarang mengikuti berbagai kejuaraan internasional.

Doping sebenarnya merupakan isu lawas di dunia atletik. Banyak atlet yang memakai doping demi mendongkrak performa.

Nomor lari 100 meter yang menjadi spesialisasi Bolt bisa dijadikan contoh. Sky Sports menyebut dari 30 catatan waktu terbaik dalam sejarah lari 100 meter, 21 di antaranya dibuat oleh atlet-atlet yang pernah bermasalah dengan doping. Sementara itu, sembilan sisanya dicatat oleh Bolt, yang tak pernah gagal melalui tes doping.

Bolt berharap cabang olahraga atletik bisa benar-benar bersih mulai sekarang. Pemegang rekor dunia lari 100 meter dan 200 meter itu menyebut para atlet yang memakai doping bisa mengancam masa depan atletik.

"Semoga para atlet akan melihat apa yang sedang terjadi dan memahami jika mereka tak menghentikan apa yang mereka lakukan, olahraga ini akan mati. Semoga mereka memahami apa yang sedang dilalui oleh olahraga ini dan apa yang perlu mereka lakukan sebagai atlet agar olahraga ini bergerak maju," ucap Bolt.

"Secara pribadi, aku pikir olahraga ini sempat berada di titik terbawah. Setelah skandal Rusia, aku pikir olahraga ini tidak pernah lebih buruk lagi. Sekarang olahraga ini sedang naik lagi. Cuma naik dan bergerak maju," tambahnya.

"Anda sama sekali tak mungkin senang soal doping, itu tak bagus untuk olahraga ini. Tapi, selama bertahun-tahun kami melakukan pekerjaan yang lebih baik, olahraga ini makin bersih, dan kita menangkap banyak atlet. Ada pemahaman bahwa jika Anda menipu, Anda akan tertangkap. Seiring berjalannya waktu olahraga ini akan makin baik," tutur Bolt.

Bolt, yang akan berusia 31 tahun pada 21 Agustus mendatang, tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Atletik 2017 di London, Inggris. Setelah kejuaraan ini, dia akan pensiun.


(mfi/rin)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed