Sistem Kebut Semalam Seleksi Pemain Timnas Futsal Putra

Mercy Raya - Sport
Minggu, 06 Agu 2017 14:39 WIB
Ilustrasi Futsal (Foto: Budi Sugiharto)
Jakarta - Setelah diterpa berbagai persoalan, timnas futsal putra akhirnya menggelar pemusatan latihan perdananya. Ada 14 nama yang diboyong ke SEA Games 2017.

Persiapan timnas futsal putra menuju Malaysia tidak berlangsung mulus. Mereka banyak diterpa persoalan bahkan hampir tidak diberangkatkan ke SEA Games karena persoalan hak siar. Pelatih mereka, Victor Hermans, memutuskan untuk mundur

Tapi PSSI dan pemerintah tetap bersikukuh memberangkatkan, meski sampai tiga pekan jelang bergulirnya SEA Games , timnas futsal putra belum juga terbentuk. Padahal awalnya mereka merupakan salah satu cabang yang rencananya berangkat dengan biaya mandiri.

Belakangan, Jumat (4/8/2017) timnas futsal dikabarkan sudah menjalani pelatnas di Lombok, Mataram. Sebanyak 31 pemain telah dipanggil untuk menjalani seleksi untuk kemudian dipangkas jadi 14 pemain.

Asisten pelatih timnas futsal putra, Yori van der Torren, mengatakan tak banyak waktu yang tersisa untuk timnya menjalani seleksi dan latihan. Karena itu, pihaknya akan memilih pemain yang benar-benar terbaik.

"Sudah mulai (pelatnas) sejak Jumat kemarin. Dalam waktu dua hari ini kami akan seleksi untuk memilih 14 pemain yang dibawa ke SEA Games nanti," kata Yori saat dihubungi detikSport, Minggu (6/8/2017).

"Waktunya memang sangat mepet cuma dua hari tapi kami sudah tahu kualitas pemain seperti apa. Jadi kami hanya melihat siapa yang adaptasinya yang cepat dan bagaiman fisik mereka pada saat ini. Kami tidak punya waktu perbaiki fisik mereka karena pekan depan sudah harus berangkat ke SEA Games," tambahnya.

"Masalah Vo2 Max itu bisa dilihat saat latihan. Lagipula ada beberapa pemain yangs udah latihan intensif sejak Desember dan ada beberapa pemain juga yang sudah latihan sejak dua bulan lalu. Jadi paling perbanyak adaptasi dulu."

Yori juga mengomentari soal mental para pemainnya yang sudah cukup baik sejak segala kendala yang dihadapi timnas futsal putra belakang terakhir.

"Kami minta mereka fokus ke SEA Games dan jangan memikirkan yang sudah terjadi," ucap dia.


(mcy/mrp)