DetikSport
Rabu 09 Agustus 2017, 18:47 WIB

Timnas Boling Berpacu dengan Waktu Adaptasi Bola-Bola Baru

Mercy Raya - detikSport
Timnas Boling Berpacu dengan Waktu Adaptasi Bola-Bola Baru Timnas boling beradaptasi dengan bola-ola baru. (Hasan Alhabshy/detikSport)
Jakarta - Sepuluh hari jelang keberangkatan ke SEA Games 2017 Kuala Lumpur, tim nasional boling mulai beradaptasi dengan bola-bola baru. Mereka menyesuaikan dengan kondisi saat berada di Malaysia nanti.

Tim boling Indonesia tinggal mempunyai waktu sembilan hari untuk menggeber persiapan menuju SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Ryan Lalinsang dkk sedang berpacu dengan waktu untuk beradaptasi dengan bola-bola baru dan minyak sesuai peraturan.

Dalam SEA Games nanti akan menerapkan pembatasan pemakaian dua jenis minyak yang bisa digunakan pada bola. Yakni, kategori long oil 44 feet dan short oil 36 feet. Keduanya dibedakan dari jarak dan volume minyaknya.

"Jadi sekarang itu kami dalam tahap penyesuaian dengan bola terhadap oil yang akan digunakan," kata pelatih nasional boling Thomas Tan ketika ditemui di kawasan Ancol, Rabu (9/8/2017).

"Ini penting karena untuk pertandingan biasanya kita membutuhkan bola dengan permukaan baru supaya ada reaksi yang lebih bagus. Ibarat ban mobil kalau sudah habis tidak baik ya, jadi itulah kenapa kami butuh peralatan baru," tutur dia.

"Selain bola, minyak yang kami gunakan di line sekarang di Ancol juga merupakan minyak yang akan digunakan di Malaysia yaitu long dan short oil. Jadi di sisa hari ini para atlet menyesuaikan dengan kondisi itu," imbuh dia.

Mulai saat ini, mereka menggeber latihan pagi dan sore hari. Hanya saja, intensitas latihannya yang dikurangi.

"Jadi tanggal 14-16 Agustus itu tetap latihan pagi dan sore. Kami sengaja dua kali untuk menyesuaikan dengan kondisi di Malaysia, karena di sana pun mainnya dua kali," ucap Thomas.

Hal ini juga sekaligus mengantisipasi jadwal latihan yang minim saat berada di Malaysia. Pasalnya, tuan rumah baru mengizinkan negara peserta lain untuk ujicoba lintasan boling satu hari sebelum pertandingan atau 19 Agustus.

"Karena itu juga kami juga memutuskan agar atlet tidak ikut acara pembukaan (defile) karena keesokan harinya nomor single sudah mulai bertanding. Di mana nomor singla sangat penting buat kami. Paling perwakilan saja yang non atlet ke sana," katanya.


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed