DetikSport
Rabu 09 Agustus 2017, 19:17 WIB

Antusias Hadapi SEA Games 2017, Atlet Biliar Ini Kian Deg-degan

mcy - detikSport
Antusias Hadapi SEA Games 2017, Atlet Biliar Ini Kian Deg-degan Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Saking antusiasnya menghadapi SEA Games 2017 di Malaysia, atlet tim nasional biliar Silviana Lu antusias sekali sampai-sampai kini kian deg-degan dan gelisah.

Silviana merupakan atlet jebolan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat. Di ajang itu memboyong dua medali emas. Prestasi itu membawanya menjadi salah satu atlet biliar yang mewakili Indonesia di SEA Games.

"Ini multievent pertama saya jadi rasanya tuh antusias banget," kata Silviana saat berbincang-bincang dengan detikSport seusai latihan di Pulo Asem, Jakarta Utara, Rabu (9/8/2017).

"Sejauh ini setiap latihan sudah mulai membayangkan bagaimana kondisi pertandingan di sana, di samping saya juga terus me-maintenance apa yang saya punya, seperti skill-nya kan sudah dimatangkan jangan sampai pas hari H jadi buyar semua," kata dia.

"Paling karena ini sudah semakin dekat dengan jadwal keberangkatan jadi semakin deg-degan, gugup juga, apalagi ini tinggal 11 hari lagi. Jadi mulai kebayang-bayang saat tidur, kayak gelisah gitu," ujarnya seraya tersenyum.

Aina, panggilan akrab Silviana, menyadari persaingan di SEA Games nanti tak bisa disamakan dengan level PON maupun ajang internasional lainnya yang pernah dia jalani.

Akan tetapi, itu tak menyurutkan optimismenya. Apalagi waktu di PON lalu dia mampu mengalahkan seniornya, Angelina Magdalena, yang bisa dibilang sudah jadi atlet langganan SEA Games sejak 12 tahun lalu.

"Bisa jadi modal. Cuma PON dengan SEA Games kan punya atmosfer yang berbeda. PON itu Indonesia dan bertemu atletnya itu-itu saja sementara SEA Games saya belum tahu gambaran misalnya lawan Filipina seperti apa, atau atlet biliar Vietnam seperti apa," katanya.

"Sejauh ini sih saya banyak konsultasi dengan pelatih. Pokoknya percaya kepada mereka dan ikut programnya, sementara sama senior-senior biasanya banyak sharring pengalaman saja. Seperti tadi, saya banyak diajari tusukan seperti apa dan menjaga mental seperti apa," tambah perempuan kelahiran 29 September 1998 ini.

"Saya juga tidak menganggap lawan ini hebat atau yang ini tidak. Saya anggap semuanya sama karena yang namanya membela negara pasti atlet yang bagus-bagus," tuturnya.

Dengan bekal itu, Silviana cukup optimistis bisa membawa pulang medali di SEA Games nanti. "Minimal medali dulu. Sebenarnya bisa saja mematok medali emas tapi saya juga tidak ingin terlalu ambisius karena khawatir malah jadi bumerang buat saya sendiri. Fokusnya juga bukan main, tapi harus emas, emas, dan mainnya malah tidak lepas. Jadi paling tidak medali-lah," katanya.




(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed