DetikSport
Jumat 11 Agustus 2017, 17:05 WIB

Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Sudah Sampai 98 Persen

Kris Fathoni W - detikSport
Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Sudah Sampai 98 Persen Foto: dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Jakarta - Wisma atlet Kemayoran untuk Asian Games 2018 saat ini telah mencapai proses pembangunan sampai 98 persen dan tengah memasuki fase penataan lanskap dan pemasangan furnitur.

Hal itu terungkap dari peninjauan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ke lokasi rumah susun (rusun) Kemayoran yang tahun depan digunakan sebagai wisma atlet. Peninjauan tersebut dilakukan pada tengah pekan.

Pada kesempatan itu Menteri PUPR di antaranya didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Irjen Kementerian PUPR Rildo Ananda Anwar Dirjen Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

"Saat ini capaian pembangunan Rusun Atlet Asian Games Kemayoran sudah 98 persen. Mudah-mudahan seluruh Rusun di Kemayoran bisa selesai tepat waktu," katanya di Blok C2-1 wisma atlet, seperti dilansir rilis pers Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.

Dalam tinjuannya, Menteri Basuki di antaranya mengecek kualitas pengerjaan ruangan-ruangan yang disiapkan untuk para atlet dan ofisial pendukung. Tempat parkir dan kamar kecil tak absen ia cek, seraya mewanti-wanti mengenai pentingnya fasilitas air bersih.

Selain itu, ia juga mengingatkan Kontraktor dan Satuan Kerja Pengembangan Perumahan agar memperhatikan segi ruang terbuka hijau, seperti taman hijau dan taman bermain anak serta area parkir pada ruang/selasar antarbangunan.

"Saya minta lingkungan di sekitar rusun banyak ditanam pohon yang besar dan rindang, minimal 3 meter tingginya untuk penghijauan. Kalau bisa pohon rambutan, matoa serta buah-buahan khas Indonesia. Penataan lanskap dan pernak-perniknya harus rapi dan mengedepankan aspek penghijauan agar lebih asri," tuturnya.

Untuk Asian Games 2018 mendatang, Kementerian PUPR membangun sebanyak 10 tower untuk wisma atlet. Lokasinya berada di blok C2 sebanyak 3 tower dan 7 tower di blok D10 Kawasan Kemayoran, Jakarta. Usai ajang Asian Games 2018 Rusun tersebut akan dimanfaatkan sebagai hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di Ibukota Jakarta.

"Kami optimis rusun ini bisa selesai dan bisa menjadi wisma yang baik dan layak bagi para atlet yang berlaga di ajang Asian Games 2018 mendatang," tutur Menteri PUPR.




(krs/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed