DetikSport
Jumat 18 Agustus 2017, 14:00 WIB

5 Ribu Personel Akan Amankan Countdown Asian Games 2018 Jakarta

Mercy Raya - detikSport
5 Ribu Personel Akan Amankan Countdown Asian Games 2018 Jakarta MOnas akan dijaga 5 ribu personel gabungan saat countdown to Asian Games 2018 nanti malam. (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Countdown atau hitung mundur menuju Asian Games 2018 dihelat nanti malam. Kepolisian akan menurunkan 5 ribu personel gabungan untuk mengamankannya.

Countdown atau hitung mundur menuju Asian Games 2018 digeber pada dua kota sekaligus, Jakarta dan Palembang. Acara itu dipusatkan di Monas sedangkan Palembang memilih lokasi Benteng Kuto Besak.

Acara di Monas akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu hadir tamu undangan yang terdiri dari sejumlah menteri dari Kabinet Kerja, duta besar 45 negara Asia, Olympic Council of Asia, dan para gubernur. Acara itu juga terbuka bagi publik.

Hitung mundur tersebut akan diramaikan dengan tari kolosal Ruwat Bumi dan penampilan sejumlah penyanyi Asia dan lokal. Sarah Sechan dan Daniel Mananta akan menjadi host di Monas.

Karo Ops Polda Metro Jaya, Verdianto Iskandar, menjamin countdown to Asian Games 2018 yang berlangsung di Monumen Nasional Jakarta, Jumat (18/8.2018) mulai pukul 19.00 WIB aman.

"Untuk pengamanan akan maksimal sekitar 5 ribu personel gabungan kepolisian Republik Indonesia," kata Verdianto kepada detikSport.

"Kami akan sebar semua di ring 1, 2, dan 3. Jadi, dari Monas hingga sekitar Harmoni akan kami turunkan (personel keamanan) di sana. Masalah pembagian jumlahnya di setiap ring itu teknis yang penting kami maksimal dan siap untuk mengamankan semua. Semoga tidak ada hal-hal yang menonjol dan amankan semuanya," lanjutnya.

Selain itu, Verdianto akan memberikan pengamanan lebih kepada para tamu undangan dan artis. Dia melihat antusiasme masyarakat terhadap acara hitung mundur Asian games 2018 itu cukup tinggi.

"Nanti kami juga tempatkan personel di sekitar panggung untuk penjagaan artis-artis internasional dan nasional," ujar dia.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed