DetikSport
Jumat 18 Agustus 2017, 18:30 WIB

Laporan Dari Kuala Lumpur

Tak Ada Kehebohan SEA Games di Kuala Lumpur, Hanya Keramahan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Tak Ada Kehebohan SEA Games di Kuala Lumpur, Hanya Keramahan Foto: Rifqi Ardita/detikSport
FOKUS BERITA: SEA Games 2017
Jakarta - Tak ada kehebohan di kota Kuala Lumpur di tengah gelaran SEA Games 2017. Tak seramai perkiraan.

Kuala Lumpur saat ini tengah menggelar SEA Games 2017. Awalnya saya memperkirakan akan ada kehebohan terkait pesta olahraga Asia Tenggara tersebut setibanya di kota ini. Tapi ternyata terlalu berharap itu memang kurang baik.

Tak banyak penampakan terkait SEA Games di sini. Di bandara KLIA 2 misalnya, hanya beberapa tempelan penunjuk arah bertema ajang ini dari para sponsor.

Satu-satunya yang terlihat cukup mencolok adalah posko akreditasi bandara. Di sini, media-media dari luar Malaysia mengonfirmasi kedatangan untuk melakukan tugas liputan.

Tak Ada Kehebohan SEA Games di Kuala Lumpur, Hanya KeramahanFoto: Rifqi Ardita/detikSport


Ada banyak petugas yang siap membantu dan mendampingi awak media, melewati jalur khusus imigrasi hingga ke pintu kedatangan. Saat saya tiba, seorang perempuan manis berkacamata langsung menyambut, membantu menyelesaikan urusan akreditasi, dan mencarikan layanan internet yang paling oke.

Ketika ditanya soal 'sunyinya' nuansa SEA Games di bandara, dia menjelaskan memang demikian adanya. Tapi dia menekankan bahwa panitia berusaha menjual keramahan, bukan kehebohannya. Keramahan itu pula yang bikin saya sampai lupa menanyakan namanya.

"Kami memang tak terlalu heboh, tapi mengutamakan keramahan dalam penyambutan," begitu ucapnya kira-kira dalam bahasa Indonesia.

Kesunyian itu juga terlihat di jalan menuju pusat kota Kuala Lumpur. Hanya ada segelintir baliho.

Tak Ada Kehebohan SEA Games di Kuala Lumpur, Hanya KeramahanFoto: Rifqi Ardita/detikSport


Sedikit warna-warni iklan SEA Games baru mulai terlihat di pusat kota. Sopir taksi online yang saya tumpangi pun mengakui tak ada kemeriahan berarti menyambut SEA Games, di tengah curhatnya soal mahalnya biaya hidup di Malaysia.

"Aaah... SEA Games ini cuma sebentar aja kan," pria bernama Yapp Chi Hong berujar.

Tapi atmosfer yang senyap ini bukan berarti keyakinan Malaysia jadi juara umum juga temaram. Baik mbak-mbak volunteer penyambutan dan bapak sopir grab percaya bahwa Malaysia sebagai tuan rumah, bakal juara.

"Pasti juara laah..." kata bapak sopir, yang beristrikan orang Jakarta ini, dengan mantap.
(raw/din)

FOKUS BERITA: SEA Games 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed