detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 20 Agu 2017 09:29 WIB

Soal Insiden Bendera, Kontingen Indonesia Diminta Kirim Nota Protes

Gibran Maulana Ibrahim - detikSport
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kontingen Indonesia di SEA Games 2017 diminta mengirim nota protes resmi kepada tuan rumah Malaysia terkait insiden bendera Merah Putih terbalik.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada kesalahan cetak dalam buk suvenir SEA Games 2017 yang saat ini tengah berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Warna yang harusnya merah putih, terbalik menjadi putih merah.


Dadang Rusdiana, komisi X DPR yang membidangi olahraga, mengecam insiden tersebut. Ia menyebut urusan ini tak bisa ditanggapi dengan santai. Ia minta kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017 untuk mengirim nota protes resmi.

"Malaysia sering berbuat ulah ya. Jadi bukan hanya di SEA Games saja. Jadi sebelumnya kita sering berurusan dengan Malaysia. Kalau urusan kita dengan Malaysia itu harus membuat sikap tegas, ada nota protes resmi ya," kata Dadang dalam petikan wawancaranya dengan detikcom, Sabtu (19/8/2017) malam.


Meutya Hafid, wakil ketua Komisi I DPR yang mengurusi bidang luar negeri, juga sudah mengomentari insiden tersebut. Ia menilai Malaysia selaku tuan rumah sudah membuat blunder fatal.


Meutya juga menyarankan Menpora Indonesia Imam Nahrawi untuk menunda pertemuan dengan pihak Malaysia. Menurutnya, Malaysia harus terlebih dahulu memperbaiki keteledoran mereka.

"Saran saya kepada Menpora, tidak menerima dulu kunjungan Menpora Malaysia hingga kesalahan diperbaiki, materi dicetak ulang dan dibagikan ulang yang benar dengan penjelasan kepada forum Sea Games bahwa materi yang diterima sebelumnya salah," ucapnya dalam petikan keterangan tertulisnya.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed