DetikSport
Senin 21 Agustus 2017, 20:49 WIB

ISSOM Libur, ABM Motorsport Ikut BSD City Grand Prix

Mohammad Resha Pratama - detikSport
ISSOM Libur, ABM Motorsport Ikut BSD City Grand Prix ABM Motorsport di BSD City Grand Prix 2017 (Istimewa)
Serpong - Di tengah rehat Indonesia Sentul Series of Motorsport, ABM Motorsport mengikuti ajang BSD City Grand Prix akhir pekan kemarin. Seperti apa hasilnya?

ABM Motorsport seperti biasanya mengikuti kejuaraan ISSOM yang dihelat di Sentul setiap akhir bulan. Setelah rehat puasa dan lebaran, ABM sempat turun lagi di lintasan pada seri ketiga akhir Juli kemarin.

Pada seri itu, tidak banyak memang pebalap ABM yang turun dan hanya tiga yang naik podium. Beberapa pebalap bahkan tidak bisa finis karena masalah mesin yang dihadapinya.


Oleh karenanya, libur selama bulan Agustus ini digunakan ABM untuk mencari titik masalah performa buruk di seri ketiga serta tentunya settingan baru di mobil para pebalapnya. Maka dari itu, mereka turun di ajang BSD City Grand Prix yang dihelat di sirkuit BSD, Tangerang, Minggu (20/8) kemarin.

Ada 10 pebalap dan 12 mobil yang turun di ajang itu. Hasilnya pun terbilang oke karena mereka sukses naik podium di enam seri yang diikuti, yakni Super Touring Car-1, Super Touring Car-2, Super Car, Euro 2000, Euro 3000, MB-Ina, dan Japan Super Touring Car Championship.

Para pebalap ABM yang sukses naik podium adalah Silas Adrianto (peringkat 2 Open class STC 1, STC 3600, dan BMW STC 3600), Jimmy Lukita (peringkat 3 STC 3600, BMW STC 3600), Gerhard Lukita (Juara Euro 2000 Master dan runner-up BMW STC 2100) Ronald Nirahuwa (Peringkat 3 BMW STC 2100), M. Diponegoro (Juara 1 Peugeot STC 2100), Dodi Saputra (Juara 1 MB Ina Class Sport) serta Emanuel Amandio (peringkat 4 Euro 3000 Master).

Pada ajang balap itu, para pebalap menggunakan ban baru dari Michelin yakni type Michelin 84 dengan ring 18. Ban baru dari Michelin, dengan rolling resistor yang bagus, dinilai membantu saat keluar dari tikungan.

ISSOM Libur, ABM Ikut BSD City Grand PrixFoto: Istimewa
"Untuk pengereman juga diakui pembalap kita tidak ada masalah, sehingga titik pengeremannya bisa lebih dekat," Operational Manager ABM Motorsport, Aji Permana, dalam perbincangan dengan detikSport.

Hasil yang didapat pun memuaskan mengingat ABM hanya punya waktu persiapan minim dan harus beradaptasi dengan sirkuit jalan raya sepanjang 3KM.

"Karena sirkuitnya baru dibuka pada hari jumat kemarin, waktu latihan kita sangat sempit hanya 30 menit, treknya juga cukup sulit karena banyak tikungan tajam, namun kami puas dengan waktu yang serba terbatas, para pembalap kami dapat meraih podium," sambungnya.

Pembalap ABM Motorsport, Paul Montolalu, menyebutkan race kali ini memang memiliki faktor kesulitan yang cukup tinggi, terutama karena lintasan balap yang belum pernah dicoba sebelumya.

Dari hasil balapan di BSD ini, tim akan kembali melakukan persiapan untuk menghadapi seri selanjutnya di ISSOM Seri ke-4 September mendatang.

"Ada beberapa kami juga yang mengalami insiden, ya namanya juga race, pasti ada risiko itu. Namun dengan hasil ini membuktikan bahwa pembalap dari ABM Motorsport teruji di sini. Karena masih ada beberapa mobil kita yang masih dalam tahap pengembangan sehingga belum bisa diturunkan disini," ujar Paul

"Kita juga mengucapkan terimakasih untuk Team Principle kami, Bu Vivi (Montolalu), dan juga sangat mengapresiasi para penyelenggara terutama Ananda mikola, Bupati Tangerang Ahmed Zaki, yang sangat mendukung pada olahraga otomotif di Indonesia, terutama di wilayah Tangerang, sehingga dapat terselenggaranya acara yang sangat bagus untuk mengembangkan dunia otomotif ini."



(mrp/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed