detiksport
Follow detikSport
Rabu, 23 Agu 2017 18:35 WIB

Maria Londa Bawa Pulang Perak dari Lompat Jangkit di SEA Games 2017

Mercy Raya - detikSport
Maria Natalia Londa meraih perak dari lompat jangkit di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. (Wahyu Putro A/Antara Foto) Maria Natalia Londa meraih perak dari lompat jangkit di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. (Wahyu Putro A/Antara Foto)
Kuala Lumpur - Maria Natalia Londa tak berhasil mempertahankan medali emas lompat jangkit di SEA Games 2017. Dia harus puas menjadi runner-up setelah kalah dari wakil Vietnam.

Dalam final atletik pada nomor lompat jangkit di National Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sport City, pada Rabu (23/8/2017), Maria hanya mampu mencatatkan lompatan terbaiknya sejauh 13,52 meter dalam enam kali percobaan.

Lompatan Maria masih kalah dari Vu Thi Men. Atlet Vietnam itu berhasil mencatatkan jarak sejauh 14,15 meter. Adapun posisi ketiga ditempati atlet Thailand, Parinya Chuaimaroeng, dengan jarak lompatan 13,32 meter.

"Tadi berjalan lancar semuanya dan dari lompatan masuk semua. Tidak ada hambatan tapi mungkin belum rezeki saja," kata Maria Londa.

"Vietnam memang dari awal adalah pesaing saya. Mungkin dari semua proses itu, Tuhan kasih ini kepada saya," tambah Maria Londa.

Menghadapi SEA Games tahun ini, Maria memang dibayang-bayang cedera lutut yang didapatnya pada saat SEA Games 2015 Singapura. Sejak itu pula, Maria belum bisa kembali ke catatan lompatan terbaiknya.

"Jelas dari dua tahun terakhir, setelah saya pecah rekor di Singapura, ini pertama kalinya saya lompat jangkit setelah PON Jawa Barat 2016. Saat ini adalah lompatan terbaik saya, setelah istirahat begitu lama. Jadi mungkin karena belum siap jadi lompatan yang tidak sebaik dua tahun lalu," tutur Maria Londa.

"Tapi pada saat kompetisi apapun bisa terjadi. Semua akan saya lakukan karena negara sudah percayakan kepada saya. Apapun yang terjadi pada saat perlombaan akan saya lewati dengan sebaik mungkin dan mudah-mudahan saya bisa belajar dari hal ini," imbuh Maria Londa.

Tanpa tambahan perak dari Maria Londa, Indonesia belum beranjak dari posisi paling buncit di papan klasemen atletik SEA Games 2017. Indonesia baru mendapatkan satu emas, satu perak, dan satu perunggu. Satu-satunya emas didapatkan dari Hendro Yap, jalan cepat 20km.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed