Bawa Pulang 13 Medali dari SEA Games 2017, Karate Tak Sepenuhnya Puas

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 26 Agu 2017 05:32 WIB
Karateka putra Indonesia Iwan Bidu Sirait (kiri) meraih medali emas nomor kumite -55 Kg putra (Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta - Tim karate Indonesia telah tiba di tanah air, Jumat (25/8/2017) malam, setelah bertanding di SEA Games 2017. Mereka pulang dengan membawa 13 medali. Namun, tim pelatih tak sepenuhnya puas.

Pelatih kepala karate Philip King mengatakan, dari 16 nomor yang dipertandingkan, timnya hanya sukses memboyong 13 medali, yang terdiri dari tiga medali emas, tiga perak, dan tujuh peringgu. Dari hasil itu, ada beberapa nomor yang meleset dari target. Nomor-nomor itu antara lain nomor kata perorangan putra dan kata perorangan putri.

"Sebenarnya kalau bicara target ini sudah melebihi yang dicanangkan yaitu dua emas. Tapi, manusia mana ada yang puas sih. Cuma kami tetap bersyukur karena kami bisa bawa pulang tiga medali emas. Hanya untuk ke depannya memang perlu yang persiapan lebih matang," kata Philip kepada detikSport, Jumat (25/8/2017).

Menghadapi SEA Games 2017, tim karate memang tak lepas dari berbagai kendala yang mengganggu persiapan para atletnya, antara lain soal uang saku yang terlambat, ujicoba yang tersendat, hingga peralatan tanding yang tidak tiba tepat waktu.

Meski dengan dukungan yang terbatas dari pemerintah, mereka tetap bisa memberikan hasil terbaik. Mereka berharap pada persiapan multievent selanjutnya, yaitu Asian Games 2018, dukungan yang diberikan kepada para atlet bisa lebih maksimal.

"Ini kalau atlet tidak mulai dipersiapkan sejak sekarang, di Asia mereka bisa melempem karena persiapan atlet kami ini kan juga untuk Olimpiade 2020. Jadi semua lini harus siap, lebih matang, dan seluruh dukungan juga harus penuh," kata Philip.

Karena itu, rencananya pada 5 September mendatang PB FORKI akan mengirim enam atlet dan tiga pelatih untuk berangkat ke Jerman. Mereka akan menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menuju Asian Games 2018.

"Selain ke Jerman, rencananya akan ada seri A juga di Istanbul dan Austria. Kami harus mengirim atlet ke sana. Jadi harap dukungan dari Satlak Prima. Jika ada budget-nya kami jalan, jika tidak akan sulit," kata Philip.

"Kami tidak ingin main-main. Buktinya, walaupun dukungan pemerintah tersendat-sendat kami tetap berikan yang terbaik. Sekarang tinggal pemerintah dukungannya di Asian Games nanti seperti apa," ujarnya.

Klasemen akhir karate di SEA Games 2017 Kuala Lumpur:

Peringkat Negara Emas Perak Perunggu Total
1 Malaysia 7 2 4 13
2 Vietnam 5 3 6 14
3 Indonesia 3 3 7 13
4 Thailand 1 5 5 11
5 Filipina 0 3 4 7
6 Myanmar 0 0 4 4
7 Brunei 0 0 1 1


(mcy/mfi)