DetikSport
Minggu 27 Agustus 2017, 23:35 WIB

SEA Games 2017

Tim Putra Voli Juga Dapat Perak Usai Kalah dari Thailand

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Tim Putra Voli Juga Dapat Perak Usai Kalah dari Thailand Tim bola voli putra Indonesia harus puas dengan medali perak di SEA Games 2017 (Foto: Wahyu Putro A/ANTARA FOTO)
FOKUS BERITA: SEA Games 2017
Kuala Lumpur - Tim nasional putra voli Indonesia mengikuti jejak tim putri di final SEA Games 2017. Agung Seganti dkk. kalah dari Thailand dan harus puas dengan medali perak.

Bertanding di Hall 11 MITEC, Minggu (27/8/2017) malam, tim putra voli mengawali dengan buruk. Mereka langsung tertinggal dua set, hingga akhirnya kalah dalam pertarungan empat set.

Tim arahan Samsul Jais itu kehilangan dua set pertama dengan 16-25 dan 22-25. Indonesia kemudian bangkit dan merebut set ketiga 25-20, tapi kemudian Thailand mengunci kemenangan di set keempat dengan kemenangan 25-20.

Banyaknya kesalahan sendiri membuat Indonesia selalu dalam posisi tertekan. Sebaliknya, Thailand dinilai bermain sangat rapi sehingga bisa terus menekan.

"Melawan Thailand sebenarnya kita imbang. Tapi Thailand tingkat kesalahan di bola-bola gampangnya sangat sedikit. Jadi dalam poin-poin itu, kita terlalu sering melakukan kesalahan-kesalahan mendasar seperti servis, atau bola pelan malah mati. Bedanya dengan Thailand itu," kata Jais setelah pertandingan.

"Sementara Thailand lebih rapih lagi. Dia tidak mati dengan bola-bola pelan. Bahkan bola kencang masih mampu. Jadi mereka sistem permainannya benar-benar jalan. Artinya saat bermain, tiga pemain di depan dan tiga pemain di belakang, siapa berbuat apa, mereka benar-benar rapi sekali."

"Nah di kita, terkadang sistem masih kurang jalan. Itu saja. Dari segi kualitas dan segala macam seimbang, cuma tingkat kesalahan kita terlalu tinggi. Itu yang bikin mereka selalu memimpin. Nah, saat memimpin, mereka lebih berani lagi melakukan servis."

"Ya sudah, saat kita tidak bisa melakukan servis, bola-bola pertama tidak jalan, kita menyerang pun tidak bisa mengeluarkan kombinasi jadi lebih gampang diblok. Kalaupun bola bisa melewati net, cuma rebound saja dan bisa diserang balik oleh mereka," imbuhnya.

Medali perunggu di nomor ini direbut oleh Vietnam. Vietnam menang 3-0 atas Myanmar dengan skor 25–18, 25–17, dan 25–13.


(raw/nds)

FOKUS BERITA: SEA Games 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed