DetikSport
Senin 28 Agustus 2017, 13:38 WIB

SEA Games 2017

Surahmat Sumbangkan Perak dari Angkat Besi untuk Indonesia

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Surahmat Sumbangkan Perak dari Angkat Besi untuk Indonesia LIfter, Surahmat, meraih medali perak dari angkat besi kelas 56kg di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. (Rifqi Ardita/detikSport)
FOKUS BERITA: SEA Games 2017
Kuala Lumpur -
Atlet angkat besi, Surahmat, meraih medali perak di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Dia kalah tipis dari lifter Vietnam di kelas 56 kg.

Surahmat tampil di Hall 3 MITEC, Senin (28/8/2017) siang. Dia mencatatkan total angkatan 267 kg, kalah dua kg dari Thach Kim Tuan dari Vietnam yang merebut emas.

Sementara, perunggu diraih lifter Thailand, Witoon Mingmoon, yang mencatatkan total angkatan 259 kg.

Surahmat membukukan 119 kg di angkatan snatch. Dia lalu menambah 148 kg di angkatan clean and jerk, hinggat total angkatan 267 kg.

Meski hanya meraih perak, hasil ini sudah cukup memuaskan untuk Surahmat. Sebab, angkatannya kali ini sudah melampaui catatan terbaik di masa latihan.

"Ya Alhamdulillah senang sekali. Karena mungkin ini angkatan terbaik saya selama bertanding. Karena, terakhir waktu latihan cuma 112 sama 145. Ini 119 sama 148," kata Surahmat usai pertandingan.

Soal hasil yang melampaui latihan ini, Surahmat mengaku atmosfer pertandingan selalu bikin adrenalinnya naik hingga mampu mengangkat beban lebih. Dukungan keluarga juga jadi pendorong.

"Karena kalau sudah pertandingan, semangat saya naik. Bisa jadi karena suporter yang menyemangati. Semangat dari istri juga lah terutama, dari keluarga dan anak saya," imbuhnya.

Perak ini jadi raihan pertamanya di SEA Games, setelah tak ada cabang angkat besi di 2015 dan tak tampil di 2013. Meski senang dengan raihan perak, hati kecil Surahmat merasa dia seharusnya bisa lebih baik mengingat otot kaki kanannya sedikit tertarik waktu pemanasan.

"Insya Allah nanti di Asian Games kita balas," ujarnya.

Namun demikian, dia mengaku perlu ada dukungan lebih baik menuju kr Asian Games tahub depan. Paling utama adalah soal tempat latihan.

"Mungkin tempat latihan ya. Kami sekarang latihan di Bandung. Di Jakarta tempatnya belum jadi, ini sudah delapan bulan di Bandung," ujar Surahmat.

"Tempat latihan yang permanen, nggak pindah-pindah. Kalau soal alat, sudah cukup semua lah, tempat aja mungkin," tambah pria 29 tahun ini.



(raw/fem)

FOKUS BERITA: SEA Games 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed