DetikSport
Sabtu 09 September 2017, 02:57 WIB

Menpora Hadiri Tirakatan Puncak Perayaan Haornas

Amalia Dwi Septi - detikSport
Menpora Hadiri Tirakatan Puncak Perayaan Haornas Menpora Imam Nahrawi (Foto: dok. Kemenpora)
Magelang - Dunia olahraga Indonesia sedang merayakan hari nasioalnya. Menpora Imam Nahrawi memimpin puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September ini.

Rangkaian acara menuju Haornas telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Salah satunya adalah senam masal yang telah digelar pada Jumat (8/9/2017) sore.

Tak hanya itu, malam ini juga diadakan upaya sakral yang dihadiri oleh Imam. Acara tersebut adalah tirakatan berupa selamatan yang dilanjuti dengan wayangan sampai diri hari.

Sebelum memulai perayaan Haornas di Stadion Moch Soebroto pada Sabtu (9/9), besok pagi Imam juga akan mengikuti Gowes bersama. Kehadiran Imam pun lantaran perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo yang batal datang.

"Saya besok siap ikut Gowes bersama yang lain. Haornas tahun ini dibuat berbeda dengan rangkaian acara yang sakral untuk benar-benar membawa semangat 'olahraga menyatukan kita'," ujar Imam melalui rilis yang diterima detiksport.

"Prosesi penyatuan tanah air yang dilakukan dalam acara tirakatan ini membuat hati saya bergetar," tambahnya.

Puncak acara Haornas sendiri adalah prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia dan terwakili oleh 90 Kabupaten/Kota di setiap provinsi.

Upacara sakral tersebut, sekaligus menandai peletakan batu pertama pembangunan monumen tanah air persatuan, yang ditempatkan di Gunung Tidar, Magelang.


(ads/cas)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed