DetikSport
Selasa 12 September 2017, 21:30 WIB

Menpora pada Atlet Para Games: Jadilah Juara dengan Sportif

Bayu Ardi Isnanto - detikSport
Menpora pada Atlet Para Games: Jadilah Juara dengan Sportif Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi mengingatkan atlet ASEAN Para Games mempersiapkan diri menghadapi hal-hal non teknis di Malaysia. Menpora berharap apa yang terjadi di SEA Games tidak terulang.

"Itu adalah sesuatu yang tidak kita kehendaki, tapi kita perlu berhati-hati. Tekanan demi tekanan suporter, mungkin juga ada tindakan wasit yang tidak berkenan di hati kita. Yakinlah, kita ingin jadi tim yang paling sportif," kata Imam saat melepas 250 atlet dan ofisial ASEAN Para Games di Solo, Selasa (12/9/2017).

Indonesia berulang kali mengklaim telah dirugikan oleh keputusan wasit pada gelaran SEA Games lalu. Beberapa cabang olahraga yang dipermasalahkan di antaranya adalah sepak takraw, jalan cepat, dan pencak silat.

Imam juga meminta ofisial untuk memantau secara detail semua kejadian dalam pertandingan. Bahkan ofisial diminta tidak segan-segan memprotes keputusan yang dianggap tidak adil.

"Saya perintahkan CdM (Chef de Mission), NPC (National Paralympic Committee Indonesia) untuk mencatat, memprotes dan memproses apa yang dirasakan, dilihat dan terjadi bila ditemukan kecurangan, ketidakadilan oleh pemimpin pertandingan. Lakukan protes secepatnya," ujarnya.

Wasit-wasit yang melakukan kecurangan akan diusulkan agar diberi sanksi. Bahkan Imam mengusulkan wasit-wasit tersebut tidak boleh diundang dalam Asian Para Games 2018 di Indonesia.

"Kita ingin menjadi juara dengan sportif, dapat medali dengan sportif. Bukan karena kongkalikong," katanya.
(din/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed