DetikSport
Selasa 12 September 2017, 23:27 WIB

Erick Thohir Akan Pecat 79 Anggota INASGOC yang Tidak Aktif

Mercy Raya - detikSport
Erick Thohir Akan Pecat 79 Anggota INASGOC yang Tidak Aktif Foto: INASGOC
Jakarta - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir berencana memecat 79 anggotanya. Sebelumnya jumlah anggota ini sudah jadi sorotan di DPR.

Susunan panitia penyelenggara Asian Games 2018 mendapat sorotan dari Komisi X DPR RI. Sorotan Komisi X diungkapkan di rapat dengar pendapat antara Kemenpora, INASGOC, Satlak Prima, INAPGOC (Panitia Asian Paragames), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Gedung DPR/MPR RI, Senayan pada Selasa(12/9/2017).

Anggota komisi X DPR RI dari fraksi partai Golkar, Popong Otje Djundjunan, menyangsikan kapabilitas beberapa anggota INASGOC karena latar belakangnya yang tidak sesuai dan tak cocok dengan kebutuhan.

"Panitia INASGOC dari mulai 230 orang menjadi hampir 500 orang, pertanyaannya apakah harus sebanyak itu jumlahnya? lalu ada nama-nama yang tidak kredibel, jadi tolong itu tidak terjadi untuk dimasa yang akan datang. Yang namanya di sini, ada yang model panas, apakah itu pantas?" cetus politisi yang akrab disapa Ceu Popong itu.

Menanggapi hal itu, Erick mengatakan sejauh ini kepanitiaan INASGOC sudah sesuai kebutuhan. Hanya saja untuk sementara memang jumlahnya tidak tetap, dalam arti bisa menyesuaikan seiring jalannya waktu.

"Contoh ketika penambahan yang besar itu ada dua hal, pertama Satker sementara. Kami perlu tambah perangkat keuangan 50 orang, yang anggotanya dari PPK, Kemenkeu, Kemen PU PR dan Kemenpora. Kedua, SK sebelumnya tidak ada Deputi IV sekarang sudah ada dan diaktifkan karena sudah ada kegiatan," kata Erick.

Namun, kata dia, bukan berarti dirinya tidak pernah mengevaluasi anggota-anggotanya. Erick menyebut dalam waktu dekat dirinya akan merombak kepanitiannya. Nama-nama yang tak aktif akan dicoret.

"Maaf jika ada pimpinan yang berpikir berbeda. Tapi dengan sistem baru dan Surat Keputusan(SK) terbaru, sesuai kesepakatan bahwa untuk direksi ke bawah kami dari pelaksana boleh mengganti selama tiga bulan," kata Erick.

"Seperti bulan depan kami akan melakukan pencoretan di SK lama sebanyak 79 orang yang tidak aktif. Karena ini bagian dari tanggung jawab moral juga, percuma jika hanya meletakkan nama, buat apa?"

"Tetapi untuk lebel deputi dan wakilnya, saya tidak punya kewenangan untuk mengganti. Semua menjadi kewenangan dari dewan pengarah Asian Games. Level saya hanya sampai direktur ke bawah tapi mekanismenya sudah seperti perusahaan swasta," imbuh Erick.
(mcy/raw)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed