detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 18 Sep 2017 07:37 WIB

Selitangs, Komunitas Petualang Sepeda Lipat Tangerang dan Sekitarnya

Doni Wahyudi - detikSport
Komunitas sepeda lipat Selitangs berdiri pada awal September ini (ist.) Komunitas sepeda lipat Selitangs berdiri pada awal September ini (ist.)
Jakarta - Pemilik sepeda lipat di wilayah Tangerang dan sekitarnya kita bisa bergabung dalam Komunitas Selitangs. Baru terbentuk, komunitas ini bakal punya beragam aktivitas.

Sepeda lipat jadi pilihan alat transportasi kaum urban di banyak negara, termasuk Indonesia. Dibanding sepeda konvensional, sepeda lipat memang jadi pilihan moda transportasi yang praktis dan pastinya ekonomis.

Apalagi cuma sepeda lipat yang bisa ikut menumpang di KRL dan Trans Jakarta.

Bertempat di Tangerang pada pekan pertama September, diresmikan komunitas sepeda lipat. Diberi nama Selitangs, komunitas ini mencoba merangkul pengguna sepeda lipat di Tangerang dan sekitarnya.

Selitangs, Komunitas Petualang Sepeda Lipat Tangerang dan SekitarnyaFoto: ist.


Komunitas ini bertujuan mengajak masyarakat luas untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan, serta mempererat hubungan persaudaraan antar pesepeda yang berada di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

'Small Wheel Big Adventure' menjadi tema peluncuran komunitas ini. Selitangs ingin menunjukkan bahwa meski sepeda lipat berukuran mini, tapi tetap menawarkan petualangan yang tak kalah seru.

Grand launching Selitangs diadakan di Rumah Kebun Jalan Ciakar No. 47, Situ Gadung, Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Setidaknya ada 170 peserta dari berbagai komunitas sepeda hadir di acara tersebut. Bukan cuma komunitas sepeda lipat, karena komunitas sepeda MTB dan sepeda touring juga ikut memeriahkan acara.

Mereka tidak hanya berasal dari wilayah Kabupaten/Kota Tangerang saja tetapi juga dari wilayah Jakarta, Bogor dan Depok. Beberapa nama komunitas yang menghadiri acara launching Selitangs terebut adalah:

- United Bike
- B2W
- Id Foldingbike
- Fedtangs
- Finehon
- Id Dahon
- Net Bike
- VVD
- Seli PTM
- D'SelierZ
- P&G
- Gramedia Cyclist
- GNF
- GOBED
- JPG
- JPB
- Rockers
- Matador
- Rocketter
- Ranger
- Cihuni
- Gosbaster
- Cibicom
- BCC
- D'CAT
- Freebikers
- Mig Mix
- The Brothers

Selitangs, Komunitas Petualang Sepeda Lipat Tangerang dan SekitarnyaFoto: ist.


Rangkaian kegiatan launching Selitangs dimulai dari keberangkatan peserta dari United Bike Alam Sutera Tangsel menuju tempat acara di Rumah Kebun jalan Ciakar no 74, Situ Gadung, Pagedangan. Setiba di Rumah Kebun seluruh peserta menikmati hidangan pembuka berupa makanan dan minuman lokal seperti ubi rebus dan wedang jahe saambil menikmati hiburan organ tunggal.

Acara puncak launching Selitangs ini adalah peresmian Selitangs dan logonya. Acara dilanjutan dengan pemotongan tumpeng, coaching clinic, dan pemberian doorprize. Dimulai pukul 07.00, acara ini berlangsung meriah hingga selesai pukul 14.00 WIB.

Potong tumpeng dalam peresmian berdirinya komunitas SelintangsPotong tumpeng dalam peresmian berdirinya komunitas Selitangs Foto: ist.


Selitangs sudah memiliki beragam agenda, di antaranya adalah:

- Event Jamselinas (Jambore Nasional Sepeda Lipat Nasional) yang diadakan pada tanggal 16-17 September di Kota Semarang
- Event Tour de Banten Bike Camp, yaitu melakukan perjalanan bersepeda dari Tangerang menuju Baduy dan Ujung Kulon
- Event Seli Games berskala nasional
- Kegiatan rutinitas CFD (Car Free Day) sebagai kegitan rutin bulanan yang bertujuan silaturahmi sesama anggota Selitangs serta komunitas sepeda lainnya




===

Kamu ikut komunitas olahraga dan punya aktivitas untuk diberitakan? Jangan ragu kirim ke redaksi@detiksport.com dengan subjek 'Komunitas detikSport'. (din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed