DetikSport
Rabu 20 September 2017, 13:41 WIB

Setelah Harry Marra, PASI Akan Rekrut Pelatih Jalan Cepat Dunia

Mercy Raya - detikSport
Setelah Harry Marra, PASI Akan Rekrut Pelatih Jalan Cepat Dunia Hendro Yap akan didampingi konsultan berpengalaman menuju Asian Games 2018. (Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta - PB PASI menggandeng maestro dasa lomba, Harry Marra, sebagai konsultan menuju Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Mereka akan menambah dengan konsultan lain.

Marra, yang pernah menangani Timnas dasa lomba Amerika Serikat selama sepuluh tahun, direkrut sejak Februari tahun ini untuk mendampingi atlet-atlet ari 100m, lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, lari 400m, lari gawang 100m, lempar cakram, lompat tinggi galah, lempar lembing, lari 1.500m pelatnas atletik. PASI cukup puas dengan kinerja Marra.

Menilik hasil SEA Games, PASI berencana menambah konsultan untuk jalan cepat, Jose Antonio Carrillo. Jose merupakan perlatih dari juara dunia jalan cepat asal Spanyol, Miguel Ángel López.

"Kami akan undang dia datang untuk menjadi konsultan karena untuk bisa full time di Indonesia, yang notabene pelatih besar, sangat sulit. Di samping itu, kami juga tidak ingin pelatih nasional kami jadi tidak berkembang jika Jose full di sini. Jadi, kemungkinan menjadi konsultan seperti Harry Marra," kata Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung, kepada detikSport, Rabu (20/9/2017).

PB PASI optimsitis jika prestasi meningkat, peminat jalan cepat pun akan makin banyak. Maka, regenerasi bisa lebih mudah.

"Kami melihat jalan cepat selalu berkontribusi terus dalam menyumbang medali emas di SEA Games. Tapi, di sisi lain peminat lomba jalan cepat minim. Itu antara lain karena nomor ini tidak populer, di sisi lain pelatih yang tersedia juga belum banyak tersedia," dia menjelaskan.

"Jadi, kami perlu melakukan usaha-usaha yang lebih besar. Misalnya, kami datangkan Jose atau juara dunia dengan harapan dapat mempopulerkan jalan cepat. Sehingga cabang itu banyak yang meminati dan semoga kami menemukan bibit-bibit baru jalan cepat," ujar dia menambahkan.

"Dan sekali lagi pembinaan olahraga itu bicara menanam atau menabur. Jadi bukan karena Jose datang lantas akan ada juara ini atau apa, tidak. Melainkan untuk memasalkan jalan cepat ini. Pelatih juga banyak yang tersedia. Jose datang bisa memberi penataran dan membuat program yang baik untuk jalan cepat," tutur dia.


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed