DetikSport
Minggu 24 September 2017, 10:34 WIB

Karnaval Meriah di GBK Sambut HUT ke-55

Amalia Dwi Septi - detikSport
Karnaval Meriah di GBK Sambut HUT ke-55 Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Jakarta - Untuk pertama kalinya kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) aktif kembali sejak direnovasi. SUGBK menjadi ruang terbuka menyambut ulang tahun ke-55.

Acara tersebut bertajuk GBK Carnaval Satu Gelora Indonesia, di SUGBK, Minggu (24/9/2017). Event tersebut meliputi beberapa kategori mulai dari olahraga, budaya, seni budaya dan teknologi. Tak kurang, dari 6000-an masyarakat mengikuti rangkaian kegiatan ini.

Kegiatan ini diawali dengan fun walk yang diikuti oleh ratusan peserta. Rute yang ditempuh yaitu start dari depan lapangan softball, kemudian berputar ke arah sudirman, mengitari kompleks GBK dan berakhir di tempat yang sama di lokasi start awal.

Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan karnaval yang diikuti oleh komunitas dan masyarakat. Beberapa komunitas terlihat di antaranya komunitas sepeda, lari, pencak silat sampai pecinta pakaian adat dan barongsai.

Dimulai pukul 07.00 WIB, kegiatan ini dimulai dari jalan pintu satu mengarah ke semanggi dan memutar di seberang BEJ, lalu menuju bundaran Senayan, dan berbelok ke titik finish di jalan pintu satu Senayan.

Pertunjukan seni juga terasa di kegiatan ini, berbagai karya seni ditampilkan oleh puluhan komunitas. Salah satunya adalah pertunjukan barongsai.

Dijelaskan Gatot Tetuko, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha GBK mengatakan acara tersebut digelar untuk memperingati ulang tahun GBK yang ke 55 tahun, sekaligus memperkenalkan GBK yang sedang dalam tahap renovasi.

"GBK ini kan sudah 55 tahun waktunya pensiun. Tapi GBK sedang direnovasi, seperti me-reborn kembali GBK. Jadi, bagaimana mengeloka GBK lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat." ujar Gatot.

"Jadi tidak hanya olahraga, GBK juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti seperti budaya dan karnaval serta kegiatan lainnya. Namun yang jelas dengan venue yang lebih bagus dan pelayanan yang lebih baik. Kami ingin membuat GBK lebih terbuka lagi," katanya.

Sebelum kegiatan yang digelar hari ini, sudah ada beberapa rangkaian acara yaitu MI55ION Run, kegiatan lari yang diikuti oleh para peserta untuk memperkenalkan sejumlah fasilitas yang ada di Kawasan GBK. Kegiatan tersebut telah berlangsung lebih dulu pada Sabtu (23/9) kemarin.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan influencer muda sosial media dari berbagai latar belakang. Para peserta memulai start dari gedung PPK GBK, menuju Kawasan senayan, di antaranya Ratu Plaza, FX Sudirman, TVRI, Hotel Mulia, Senayan City dan berakhir di GBK.

Selain itu, juga ada kompetisi sepakbola persahabatan antara PPKGBK dengan para awak media (SIWO PWI) dan para mantan pemain timnas dan selebritas.
(ads/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed