DetikSport
Sabtu 30 September 2017, 17:49 WIB

Menpora : Bonus SEA Games dan ASEAN Para Games Cair Sebelum Natal

Mercy Raya - detikSport
Menpora : Bonus SEA Games dan ASEAN Para Games Cair Sebelum Natal Menpora menjanjikan bonus SEA Games dan ASEAN Para Games cair sebelum Natal 2017 (dok.Kemenpora)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjanjikan bonus SEA Games dan ASEAN Para Games akan cair pada Desember 2017. Saat ini masih dalam proses administrasi.

Hal itu disampaikan Imam di Bali, pada Sabtu (30/9/2017). Masalah penyesuaian administrasi pemberian bonus uang tunai dan menjadi pegawai negeri sipil menjadi faktornya.

Sebagai gambaran, bonus SEA Games dan ASEAN Para Games tahun ini berbeda dari dua tahun sebelumnya. Selain uang tunai, Menpora juga menjanjikan bonus berupa pengangkatan sebagai PNS bagi peraih medali emas dengan jalur khusus alias tanpa tes.

"Kami tengah mengombinasikan bonus berupa uang tunai dan bonus berupa pengangkatan sebagai PNS. Artinya menyesuaikan dengan ijasah mereka dan usia. Sebab banyak atlet ASEAN Para Games yang ternyata sudah berumur," kata Imam.

Imam menjelaskan harus ada kebijakan khusus untuk mengatur payung hukumnya terkait pencairan bonus dua bentuk ini.

"Karenanya saya sedang meminta rapat terbatas. Karena ini perlu ada kebijakan khusus," katanya.

Dalam beberapa momen, janji-janji pemerintah terutama soal bonus selalu macet di tengah jalan. Terakhir bonus All England 2017 atas nama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sempat tersendat berbulan-bulan. Atas kejadian itu, banyak pihak yang menyangsikan bonus SEA Games kali ini bakal lancar, meski diselipi terobosan baru.

"Akan cair sebelum Natal. Jadi yang ingin menggunakan bonus tersebut untuk Natalan dan tahun baru bisa menggunakannya," harap dia.

Di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Indonesia meraih total 191 medali, dengan rincian 38 medali emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Sementara ASEAN Para Games, Indonesia meraih juara umum dengan perolehan medali emas 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu.
(din/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed