DetikSport
Senin 02 Oktober 2017, 14:05 WIB

Menpora Janji Bonus SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Segera Cair

Danu Damarjati - detikSport
Menpora Janji Bonus SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Segera Cair Foto: dok.Kemenpora
Jakarta - Atlet-atlet peraih medali ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur menanti realisasi bonus. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menjanjikan bakal cair secepatnya.

Sebelum SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 bergulir, pemerintah memang sudah menjanjikan bonus. Para peraih medali emas bakal mendapat bonus Rp 200 juta. Sementara, peraih perak dan perunggu masih digodok.

Selain itu, pemerintah menjanjikan bonus bagi para atlet peraih medali emas untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) alias menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kami sudah menyiapkan itu, dan perintah Presiden tadi, kita harus siapkan dalam satu hingga dua hari ini terkait dengan prize money," kata Imam usai jamuan Presiden Jokowi dengan para atlet paralimpiade di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Senin (2/10/2017).

"Untuk PNS, proses administrasi karena ada penyesuaian, ada umur, ijazah," ujar Imam.

Nah, untuk urusan ijazah, Kemenpora akan berkomunikasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dia mewacanakan agar atlet yang belum memiliki ijazah bisa menjalani home schooling untuk mendapatkan ijazah supaya bisa menjadi PNS.

"Jadi mereka tidak mungkin ikut perkuliahan atau sekolah secara reguler, tapi harus ada home schooling. Tanpa itu maka masa depan mereka kalau kemudian menyesuaikan dengan aturan itu maka akan ada kesulitan. Nah ini yang sedang jadi konsentrasi kita," tutur Imam.

Sebelumnya, atlet peraih medali di ASEAN Para Games 2017 ini menagih janji bonus ke Jokowi. Mereka telah berprestasi meraih 126 medali emas, 75 medali perak, dan 50 medali perunggu.

(dnu/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed