detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 05 Okt 2017 23:06 WIB

Ada Ajang Off-road di Sulawesi Akhir Pekan Ini

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ajang IOX 2017 dimulai di Kendari akhir pekan ini (dok.Indonesia Off-road Expedition 2017)
Kendari - Akhir pekan ini bakal ada acara ekspedisi off-road bertajuk Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Celebes 2017 yang dimulai di Kendari dan berakhir di Makassar.

Kegiatan ini dinisiasi oleh klub off-road yang berbasis di Jakarta, Indonesia Off-road eXpedition (IOX). IOX 2017 Celebes merupakan ajang tahunan yang untuk edisi ini mengambil rute Kendari-Makassar.

Sebelumnya, pernah pula diadakan di Bukit Tinggi-Palembang pada 2012, lalu Sabang-Medan pada 2013, lalu di Lahat-Monas pada 2014, kemudian Jakarta-Surabaya pada 2015, dan tahun lalu mengambil rute Yogyakarta-Bali.

IOX 2017 Celebes bakal start dari Kendari pada Sabtu (7/10) ini, dan finis di Makassar pada 21 Oktober melalui jalur Danau Matano serta Toraja dengan total jarak 1.500 KM. Selama perjalanan bakal banyak halang rintang yang ditemui oleh para off-roader, serta beberapa rawa serta sungai dengan arus deras.

Sebagai bagian dari ekspedisi ini, pengiriman kendaraan peserta sudah dilakukan dari Jakarta ke Kendari pada 26 September lalu. Di Jakarta juga telah dilakukan pemeriksaan kendaraan agar sesuai persyaratan.

Setelah menempuh perjalanan laut sekitar dua minggu, sekitar 75 kendaraan off-road tiba di Kendari pada Selasa (3/10/2017) malam WIB lalu. Kapal yang membawa kendaraan itu sempat transit di Makassar pada 30 September.

Selain 75 kendaraan off-road 4x4, ada juga 70 kendaraan roda dua dengan logo iOX bertebaran di jalanan kota Kendari pekan ini. Sekitar 60 motor off-road plus 10 motor wisata overland juga ikut dalam ekspedisi itu.

"Insya Allah semua barang kendaraan peserta aman dan kendaraan siap digunakan peserta," kata Akbar Zakariah selaku Koordinator Pengapalan Kendaraan IOX dalam rilis kepada detikSport.
Ada Ajang Offroad di Sulawesi Akhir Pekan IniFoto: dok.Indonesia Off-road Expedition 2017

Akbar bahkan menempatkan orang khusus di kapal untuk mengawal seluruh kendaraan. Masalah keamanan kendaraan peserta jadi perhatian Akbar mengingat kendaraan off-road IOX merupakan kendaraan modifikasi khusus dengan perlengkapan mahal.

"Dari segi kesuksesan, kami tidak ingin Kendari dan Makasar kalah dari kota lain yang dilalui event IOX di tahun-tahun sebelumnya," timpal Ketua Panitia IOX 2017 Celebes Firzal Muzaffar.

"Alhamdulilah seluruh pihak baik Pemerintah Daerah dan Swasta di Kendari mendukung kegiatan IOX ini. Ini bisa jadi momentum menjual pariwisata Kendari," sambungnya.


(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com