DetikSport
Sabtu 07 Oktober 2017, 00:04 WIB

Countdown Asian Para Games Hanya Potong Tumpeng, Ini Komentar Ketua INAPGOC

Mercy Raya - detikSport
Countdown Asian Para Games Hanya Potong Tumpeng, Ini Komentar Ketua INAPGOC Potong tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla menandai hitung mundur Asian Para Games 2018 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Acara hitung mundur Asian Para Games berlangsung cukup sederhana. Tapi hal itu bukan masalah karena Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) lebih mengutamakan esensinya.

Acara hitung mundur Asian Para Games 2018 digelar di JIEXPO, Kemayoran, pada Jumat (6/10/2017). Untuk menandai acara tersebut, INAPGOC menggelar acara syukuran dengan potong tumpeng yang dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di panggung.

Sebagai acara hiburannya, INAPGOC harus 'menumpang' dalam gelaran Synchronize Fest 2017 yang dihelat Dyandra Promosindo di JIEXPO, 6-8 Oktober. Ini merupakan tahun kedua mereka menyelenggarakan event demikian.


Acara hitung mundur Asian Para Games ini jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan acara serupa untuk Asian Games. Proses hitung mundur Asian Games sudah digelar 18 Agustus lalu dengan biaya yang tidak murah. Selain digelar di Jakarta dan Palembang, acara itu juga menampilkan artis-artis mahal dari mulai personel SNSD hingga Raisa.

"Masalahnya bukan sederhana atau tidak tetapi countdown ini harus kita laksanakan, yang penting esensinya harus dapat. Bahwa countdown ini menandakan 365 hari menuju Asian Para Games dan kami bisa melaporkan ke Asian Paralympic Committee bahwa Indonesia sudah melakukan lagi satu kegiatan menuju Asian Para Games 2018," kata Oktohari usai acara hitung mundur.

"Dan pemerintah juga sudah membuktikan komitmennya dengan memberi dukungan penuh, walaupun kami sadar betul masih ada kendala-kendala di lapangan, tantangan-tantangan, tetapi buktinya Wakil Presiden (Jusuf Kalla) dan Menpora Imam Nahrawi datang. Itu bukti kami semua akan carikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi," ujar dia kemudian.

Sebagai gambaran, INAPGOC menggelar Asian Para Games dengan catatan isi dalam rekening masih kosong. Anggaran Asian Para Games tahun 2017 sebesar Rp 86 miliar yang sudah dianggarkan belum juga cair karena masih menunggu persetujuan dari Komisi X DPR RI.

Anggaran Rp 86 miliar diambil dari realokasi renovasi Olympic Center di Cibubur. Sementara tahun 2018, pemerintah menganggarkan dana Asian Para Games sebesar Rp 826 miliar, yang jauh lebih kecil dari pengajuan awal Rp 2,67 triliun.


(mcy/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed