DetikSport
Jumat 13 Oktober 2017, 16:17 WIB

Berllian Marsheilla Iri dengan Pembinaan dan Prestasi Bulutangkis Indonesia

Femi Diah - detikSport
Berllian Marsheilla Iri dengan Pembinaan dan Prestasi Bulutangkis Indonesia Berllian Marsheilla cemburu dengan pembinaan bulutangkis. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Berllian Marsheilla menyimpan angan-angan Tim nasional voli putri Indonesia eksis di kancah dunia. Dia cemburu dengan bulutangkis.

Sheilla, sapaan karib Berllian Marsheilla, telah bergabung dengan Timnas voli putri sejak 2007. Waktu itu, dia berusia 17 tahun.

Karier atlet asal DKI Jakarta itu diasah di Sekolah Olahraga Ragunan sewaktu masih di Skeolah Menengah Pertama (SMP). Dia juga menjadi langganan klub-klub besar di ajang voli kasta tertinggi Tanah Air, Proliga.

Membuka jalur sebagai atlet voli mulai dari jenjang terendah sampai menjadi langganan Timnas membuat Sheilla memahami benar alur pembinaan prestasi voli di Indonesia. Dia berharap kuantitas dan kualitas kompetisi voli putri naik drastis.

"Saya iri lho dengan pembinaan di bulutangkis. Kenapa voli tidak memiliki pembinaan jangka panjang? Padahal voli tidak kalah populer dengan bulutangkis. Dari pengalaman-pengalaman mengikuti Proliga dan tarkam, saya bisa menyimpulkan kalau voli memiliki suporter yang luar biasa di Indonesia. Selama ini, pembinaan voli masih hanya untuk jangka pendek," kata Sheilla saat berkunjung di markas detikSport beberapa waktu lalu.

Berllian Marsheilla bersama-sama rekan satu tim voli putri di pelatnas SEA Games 2017. Berllian Marsheilla bersama-sama rekan satu tim voli putri di pelatnas SEA Games 2017. (Grandyos Zafna/detikSport)
"Coba kita lihat berapa jumlah kompetisi voli di Indonesia. Mencontoh Thailand, mereka bisa mengembangkan voli dengan sangat bagus, Filipina juga mulai memiliki kekuatan yang harus diwaspadai. Kalau kita tak berubah, kita bakal di sini-sini saja," Sheilla menuturkan.

Prestasi voli putri Indonesia memang tertinggal jauh dari Thailand. Timnas Thailand adalah runner-up Kejuaraan Asia 2017.
(fem/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed