DetikSport
Jumat 13 Oktober 2017, 19:20 WIB

Bonus SEA Games-ASEAN Para Games 2017 Tersendat, Ini Penjelasan Kemenpora

Mercy Raya - detikSport
Bonus SEA Games-ASEAN Para Games 2017 Tersendat, Ini Penjelasan Kemenpora Pembagian bonus SEA Games dan Asian Games 2017 secara simbolis di Kemayoran. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Pemerintah mengakui belum menyelesaikan penyerahan bonus kepada atlet peraih medali SEA Games dan Asean Para Games 2017. Dana masih kurang.

Sepekan sejak pemberian bonus, beberapa atlet peraih medali mengatakan belum menerimanya. Padahal, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi minta agar atlet mengecek rekening masing-masing sejak hari itu.

[Baca Juga: Belum Semua Atlet Terima Bonus SEA Games dan ASEAN Para Games]

Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto mengakuinya. Dia meminta maaf.

"Memang betul dan kami akui jika masih ada atlet yang belum menerima bonus. Itu betul," kata Gatot kepada detikSport, Jumat (13/10/2017).

"Alasannya, anggaran total yang dibutuhkan untuk bonus SEA Games dan ASEAN Para Games ternyata mencapai Rp 120 miliar. Sementara tempo hari yang teralokasi untuk bonus hanya Rp 80 miliar," Gatot menjelaskan.

Gatot, yang mantan juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika itu, mengatakan, bakal segera menuntaskan bonus kepada atlet. Dana kekurangan senilai Rp 40 miliar diambil dari realokasi Olympic Center. Dana itu masih dalam taraf pembahasan dengan DPR.

Bonus untuk atlet SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Rp 80 miliar juga diambil dari dana pengalihan Olympic Center itu. Dari dana itu, total Rp 46,1 miliar sudah sampai ke tangan 287 atlet. Dalam waktu dekat Rp 31,9 miliar akan ditransfer kepada 229 atlet.

"Kami memaksakan memberikan bonus Jumat lalu, karena perintah dari Presiden Joko Widodo. Makanya, saya usul kepada Menpora untuk tetap memberikan bonus dengan dana yang sudah ada, caranya bertahap. Kemudian, sisanya yang realokasi jika sudah cair," katanya.

"Oktober ini, Insya Allah beres. Sebetulnya, ini tinggal menunggu pembahasan APBN 2018 dan realokasi dana Olympic Center. Jika disetujui, seminggu setelahnya sudah bisa dicairkan bonusnya," dia berharap.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed