DetikSport
Jumat 20 Oktober 2017, 17:32 WIB

KONI Instruksikan Cabor Susun Program Sedetail Mungkin

Mercy Raya - detikSport
KONI Instruksikan Cabor Susun Program Sedetail Mungkin Tono Suratman (paling kiri, ketua umum KONI (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - KONI meminta federasi cabang olahraga menyusun program sedetail dan seriil mungkin untuk pelatnas. KONI juga minta PB/PP jangan buang-buang waktu.

Sebagai pengawas, seperti dalam Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2017 tentang peningkatan prestasi olahraga nasional, KONI bertekad untuk turut menyukseskan target peringkat sepuluh besar Indonesia di Asian Games 2017. Langkah pertama dengan menetapkan kuota antara 15-17 cabang olahraga yang menjadi prioritas. Sisanya, tetap akan diakomodasi, meskipun dengan fasilitas berbeda.

"Tugas pemerintah kepada saya adalah bagaimana meningkatkan prestasi. Semua telah tersusun rapi, tinggal bagaimana kami menyusun program dan anggaran tidak seperti tahun lalu, tersendat dan terhambat seperti tahun lalu," kata Ketua KONI Tono Suratman usai melakukan tinjauan di kawasan GBK, Jumat (20/10/2017).

"Karena itu, kami minta kepada cabang-cabang olahraga untuk menyusun program sedetail mungkin sampai dengan try out dan try in. Bahkan, mereka bisa mengalokasikan program dan anggaran untuk berlatih sampai menjelang Asian Games 2018. Dengan catatan, didampingi pelatih yang andal dan pelatih asing yang punya sertifikat juara dunia dan juara olimpiade," dia menjelaskan.

"Sedangkan yang tidak diunggulkan, tetap melaksanakan pelatnas dengan kegiatan yang sama. Cuma tingkat latihannya paling jauh di Asia," kata Tono, yang pernah menjabat sebagai Panglima Daerah Militer VI/Tanjung Pura itu.

Namun, Tono mengatakan belum bisa mengungkapkan 15-17 cabang olahraga prioritas itu. KONI akan mengumumkan setelah mendapatkan data detail dari cabor.

"Nanti akan kami sampaikan setelah kumpul dengan cabang-cabang lain pada Senin pekan depan," ujar Tono.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed