detiksport
Follow detikSport
Senin, 23 Okt 2017 19:35 WIB

KONI Sebut Saat Ini Ada 16 Cabang Prioritas untuk Asian Games

Mercy Raya - detikSport
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyebut ada 16 cabang olahraga yang dinilai berpotensi menyumbang medali emas di Asian Games 2018. Jumlah itu masih mungkin bertambah.

Ke-16 cabang tersebut muncul dalam rapat koordinasi antara KONI dengan cabang-cabang olahraga yang digelar di Kantor KONI, Senayan, Jakarta, Senin (23/10/2017). Menurut Wakil Ketua 1 bidang Pembinaan Prestasi Olahraga KONI Suwarno, sejauh ini baru ada 16 cabang olahraga yang terlihat potensinya. Namun ia tidak ingin membeberkan cabang apa saja itu dengan alasan menutupi peta kekuatan dari negara peserta lain.

"Yang kami baru baca sekitar itu (16 cabor) tetapi akan kami matangkan lagi. Kami sebetulnya semakin banyak cabang semakin bagus artinya pembinaanya bagus. Tetapi kadang-kadang peluang itu baru melihat dari satu event saja, tentu akan kami analisa lagi dari event-event lain," kata Suwarno.

"Sebab, selain cabang olahraga. Kami (KONI) sendiri punya data trek record cabor. Misalnya kira-kira angkat besi di nomor apa saja yang potensi. Itu yang menentukan cabor dan KONI. Makanya tadi kami lempar dan sampaikan ke cabor," ujar dia.

Selain soal anggaran, pemerintah juga memberi kewenangan lebih kepada cabang-cabang olahraga untuk membuat program mewujudkan hal itu. KONI juga akan memberdayakan timnya sendiri untuk mengumpulkan data agar tak cuma dapat janji-janji target tinggi dari cabor.

"Misalnya, cabor A menganggap diri mereka potensi karena punya record atau target emas. Pastinya kami buka dulu, apa saja? Contoh cabang atletik ada Hendro, Triyaningsih, dan Maria londa. Kami akan lihat potensinya bagaimana. Kami punya data. Jalan cepat pesaingnya siapa saja? potensinya bagaimana. Jadi tidak asal-asalan. Ini yang menjadi landasan kami untuk buat potensi," kata Warno.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed