detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 29 Okt 2017 17:20 WIB

Hendro Yap Tunggu Kepastian Turun di Asian Games

Mercy Raya - detikSport
Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
Jakarta - Atlet jalan cepat Hendro Yap, yang bersinar di SEA Games 2017, masih menunggu kepastian apa akan diturunkan di Asian Games 2018.

Hendro menjadi salah satu penyumbang medali emas untuk Indonesia di SEA Games lalu. Dia menjadi yang tercepat di nomor jalan cepat 20km putra dengan catatan waktu 1 jam, 32 menit, dan 11 detik. Dengan torehan waktu itu, dia sekaligus memecahkan rekor SEA Games yang sudah berumur 18 tahun milik Harbans Singh Narinde.

"Saya masih menunggu keputusan pastinya. Jadi sampai sekarang belum ada kepastian bahwa kami akan turun. Selain itu kami dengar kabar Prima dicoret dan semua kebijakan kembali ke KONI, Kemenpora, dan cabor. Jadi dari sana lah kami tunggu seperti apa," kata Hendro.

"Seperti keuangan kita. Uang makan saya yang istilahnya dari Oktober hingga SEA Games belum dibayar juga, bahkan akomodasi belum diselesaikan. Sekarang mau mulai yang baru tapi belum ada pertanggungjawaban dari mereka. Itu sulit. Kami mau mulai, tapi mulai dari mana latihannya? Uang kami sudah habis untuk latihan sendiri," ujarnya.

Terkait itu, Hendro pun tampaknya sudah mulai tak terlalu berharap dipanggil untuk Asian Games. Ia mulai mengalihkan fokus ke Kejuaraan Dunia di Rusia tahun depan.

"Saya tidak peduli lagi turun di Asian Games atau tidak. Saya fokus ke kejuaraan dunia tahun depan di Rusia. Target saya adalah lolos di sana dan mendapat sponsor," katanya.

Untuk lolos ke Kejuaraan Dunia, Hendro berencana mengikuti dua kejuaraan yang menjadi kualifikasi dari Kejuaraan Dunia, pada Maret-April mendatang di Jepang. Saat ini catatan waktu terbaik Hendro di nomor 20 km adalah 1 jam 27 menit dan 4 jam 10 menit untuk nomor 50 km.

Sementara untuk bisa lolos Kejuaraan Dunia, Hendro harus bisa mencetak catatan waktu di bawah 1 jam 24 menit (20km) dan 4 jam 06 menit (50 km). "Tapi catatan waktu saya yang 50 km kan masih dalam latihan. Saya belum dapat kesempatan untuk turun di pertandingan semoga nanti saya bisa mendapatkannya catatan terbaiknya," kata dia.




(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com