DetikSport
Rabu 01 November 2017, 23:18 WIB

INAPGOC Minta Tambahan Anggaran Kepada Pemerintah

Mercy Raya - detikSport
INAPGOC Minta Tambahan Anggaran Kepada Pemerintah Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) meminta tambahan anggaran tahun 2018 kepada pemerintah. Anggaran itu untuk menutupi kekurangan dana sekitar Rp 700 miliar.

Pemerintah telah memutuskan anggaran INAPGOC untuk tahun 2017 sebesar Rp 86 miliar. Sedangkan untuk tahun anggaran 2018 dialokasikan sebesar Rp 826 miliar.

Jumlah itu jauh lebih kecil dari kebutuhan anggaran Asian Para Games yang mencapai Rp 1,6 triliun. Itu berarti ada kekurangan sekitar Rp 700 miliar.

"Kami sudah menghitung kembali total kebutuhan anggaran yang kami perlu sekitar Rp 1,6 triliun, menurun dari pengajuan kami sebelumnya Rp 2,6 triliun. Itu artinya, dengan angka Rp 826 miliar yang sudah diketok pemerintah, masih defisit Rp 700 miliar. Itulah yang saat ini sedang kami usulkan lagi kepada pemerintah untuk bisa dilakukan penambahan," kata Wakil Sekretaris Jenderal INAPGOC Ferry Julianto Kono, ketika ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Rabu (1/11/2017).

Ferry mengatakan INAPGOC akan tetap berupaya sembari menunggu tanggapan pemerintah terkait usulan tersebut kendati pagu anggaran tahun 2018 sudah diketok.

"Kami juga akan berupaya dengan melakukan langkah lain seperti sponsorship maupun kolaborasi dengan INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games). Ketika mereka cari sponsor kami akan coba ditambahkan juga sehingga INAPGOC juga bisa kebagian," beber Ferry.

"Hal lainnya adalah kami akan koordinasi dengan kementerian atau provinsi, salah satunya soal media center untuk bisa mengurangi biaya kami. Kami juga akan tetap mencari sponsor seperti di televisi atau sebagainya. Tapi sistemnya berbeda dengan Asian Games," ungkap dia.

"Langkah efisiensi lainnya adalah INAPGOC tidak akan menggelar test event. Tapi kami akan ikutsertakan panita pelaksana pertandingan cabor-cabor APG ke dalam test event Asian Games. Ini untuk melatih panpel APG. Jadi nanti akan menempel ke cabornya."

INAPGOC Masih Tunggu Rp 86 Miliar Cair

Tidak hanya pusing memikirkan kekurangan dana tahun 2018, INAPGOC kini tengah harap-harap cemas karena anggaran Rp 86 miliar, realokasi dari Olympic Center yang harusnya cair sejak pekan lalu, hingga kini belum masuk ke rekening INAPGOC. Akibatnya, sejumlah agenda yang sudah direncanakan pun harus tertunda.

"Sampai sekarang kas kami masih kosong. Jadi karena uang terlambat, kegiatan yang dibuat INAPGOC pada bulan Oktober juga ikut mundur karena ada tuntutan administrasi yang harus dilakukan pada tahun ini. Pertama rapat Koordinasi Komite Asian para Games, yang harusnya dilaksanakan Oktober mundur entah sampai kapan. Lalu technical delegate tak ada, CdM meeting batal," kata Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari.

"Jika sampai pekan depan Rp 86 miliar baru cari praktis waktu penyerapannya tersisa hanya beberapa pekan. Jadi kemungkinan tidak bisa terserap semua sehingga diperlukan adanya diskresi," ujar bos Mahkota Promotion itu.


(mcy/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed