DetikSport
Kamis 02 November 2017, 00:12 WIB

Jelang Asian Games, PB ISSI Kirim Komiser ke Jepang dan Australia

Mercy Raya - detikSport
Jelang Asian Games, PB ISSI Kirim Komiser ke Jepang dan Australia ilustrasi BMX (Foto: ist.)
Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) berencana untuk mengirimkan dua komiser (juri) ke Jepang dan Australia dalam rangka peningkatan kualitas jelang Asian Games 2018.

Rencana itu disampaikan oleh Ketua PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, dalam acara media gathering di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (1/11/2017). Okto, demikian Raja Sapta Oktohari biasa disapa, mengatakan bahwa dua komiser itu ialah Indra Dhani yang merupakan komiser MTB dan Pratomo Setyadi yang merupakan komiser BMX dan MTB.

"Pada rapat program beberapa waktu lalu saya sudah jelaskan bahwa ada enam hal yang akan menjadi sorotan PB ISSI setelah ini, yakni pengembangan dan peningkatan prestasi atlet, peningkatan kualitas pelatih, peningkatan kualitas komiser, peningkatan kualitas ajang, peningkatan kualitas venue, dan peningkatan kualitas organisasi," Okto menjelaskan.

"Nah, untuk peningkatan kualitas komiser salah satunya dengan mengirim mereka ke Jepang untuk mengikuti tes elite di sana," ujarnya.

Okto menilai program ini penting karena komiser yang dimiliki PB ISSI rata-rata levelnya nasional, sedangkan untuk level elite internasionalnya tidak ada. "Karena itu setiap juri yang mau levelnya lebih tinggi akan dapat beasiswa 100 persen yang ditanggung federasi," kata dia.

PB ISSI juga akan memproyeksikan ratu downhill Indonesia, Risa Suseanty, untuk menjadi komiser. Namun, tidak pada tahun ini. "Kami menilai Risa masih membutuhkan pengalaman lebih banyak. Tahun ini kami akan kirim dia untuk melakukan magang lebih dulu," ujar Bos Mahkota Promotion ini.

Sedangkan untuk peningkatan prestasi atlet, Okto mengatakan bahwa sampai hari ini PB ISSI dalam posisi menunggu sosialisasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Meski demikian, pelatnas balap sepeda tetap berjalan, termasuk program untuk mengirim atlet training camp ke luar negeri.

"Ada atau tidak anggaran pelatnas dari pemerintah, balap sepeda tetap jalan terus. Semua peluang uji coba akan kami ikuti, mengikuti kalender event yang ada. Sementara untuk training camp rencana kami akan kirim atlet track ke Belanda dan Cannes (Prancis). Nantinya, Badan Tim Nasional (BTN) jika sudah jadi maka mereka akan aktif mencari sumber pendanaan di luar APBN," ucap dia.

Sebagai gambaran, untuk Asian Games 2018 total ada 14 atlet dari tiga disiplin. Disiplin track terdiri dari Chrismonita, Ayustina Delia Priatna, Liontin Evangelina, Ahmad Raditya, Terry Yudha, dan Puguh Ahmadi.

Disiplin BMX yaitu Elga Kharisma, Bhagus Saputra, dan Rio Akbar. Sedangkan disiplin MTB yaitu Popo Ario, Khoiful Mukhib, Afos Katana, Nining Purwaningsih dan Tiara Andini.



(mcy/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed