DetikSport
Selasa 07 November 2017, 02:14 WIB

Kemenpora Jamin Dana Asian Games 2018 Takkan Terlambat Cair

Mercy Raya - detikSport
Kemenpora Jamin Dana Asian Games 2018 Takkan Terlambat Cair Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto (Rachman Haryanto/detikSport)
Jakarta - Berkaca pada SEA Games 2017, Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto menjamin tak ada lagi cerita soal keterlambatan dana untuk persiapan atlet menuju Asian Games 2018. Pasalnya, bebannya sudah beralih ke cabang olahraga.

Sejak Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dibubarkan, tugas menyusun program serta anggaran yang dibutuhkan beralih ke cabang-cabang olahraga. Semua itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.

Setiap cabor diminta langsung mengajukan proposal kepada Deputi IV Kemenpora agar dapat langsung direalisasikan. Cara ini pun dinilai Kemenpora lebih praktis karena atlet-atlet diharapkan tak lagi merasakan telatnya dukungan akomodasi selama persiapan menuju multievent, terkhusus Asian Games 2018 yang menyisakan waktu kurang lebih sembilan bulan lagi.

"Kami akan memaksimalkan yang di Deputi IV Kemenpora. Kami yakin berjalan lancar karena sebenarnya beban beratnya nanti bukan di Deputi IV, tapi ada di cabor," kata Gatot, usai bertemu cabor dan KONI, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Kemenpora sendiri baru saja menggelar pertemuan dengan cabor-cabor terkait penerapan Perpres Nomor 95 tahun 2017, yang juga dihadiri oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Karenanya, dalam pertemuan tadi saya bacakan pasal per pasal tentang kewajiban cabor. Mulai dari promosi, degradasi, kriteria kemudian tentu masalah mereka untuk menetapkan atlet. Lalu penganggaran itu ada pada mereka semua," ujar dia lagi.

Gatot menyadari banyak cabor yang merasa trauma akibat terlambatnya dana akomodasi yang terjadi selama persiapan SEA Games pada tahun ini. Namun, dia menjamin hal itu tak akan terulang.

"Dulu tanggungan cabor memang sampai 4 bulan atau April baru cair, tapi nanti saya jamin tidak ada lagi cerita. Saat itu tertunda karena ada pemecahan Kuasa Pemegang Anggaran (KPA). Tapi nanti tidak akan terjadi lagi, wong Asian Games-nya Agustus mendatang, jika cair bulan April kan bisa jadi tragedi," dia menjelaskan.

"Kami juga menjelaskan jika (cabor) tetap dapat sisa anggaran 2017 dengan catatan penganggarannya sudah direncanakan dan diusulkan," kata Gatot.


(mcy/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed