DetikSport
Selasa 07 November 2017, 18:47 WIB

Indonesia Kirim 22 Perenang ke Kejuaraan Renang KU Asia Tenggara di Brunei

Mercy Raya - detikSport
Indonesia Kirim 22 Perenang ke Kejuaraan Renang KU Asia Tenggara di Brunei Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Sebanyak 22 perenang akan diterjunkan pada Kejuaraan Renang Asia Tenggara Kelompok Umur 2017. Kejuaraan bertajuk 41th SEA Age Group Championship ini sebagai seleksi menuju Youth Olympic Games 2018.

Ajang yang diikuti perenang dari U-13 hingga 18 tahun itu akan berlangsung di Brunei Darussalam, 10-12 November. Sebantyak 22 perenang Indonesia akan bertolak ke Brunei pada Rabu (7/11/2017).

"Kali ini tim diperkuat 22 atlet yang terdiri dari 14 putra dan delapan putri, serta didampingi enam ofisial. Materinya juga cukup kuat karena beberapa atlet merupakan jebolan dari SEA Games 2017. Mereka adalah Azzahra Permatahani, Sofie Kemala, dan Felicia Angelica. Mereka juga pemegang rekor nasional, saya harap mereka bisa memberikan yang terbaik di ajang tersebut," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E Rahardjo, di sela-sela pelepasan tim renang di Wisma Bakrie, Kuningan, Selasa (7/11/2017).

Manajer tim, Hartadi Noertjojo, mengatakan kejuaraan itu cukup bergengsi meskipun levelnya junior. Sebab, ajang ini menjadi salah satu tempat mengasah jagoan SEA Games. Makanya, Indonesia hanya menurunkan kekuatan terbaik pada kelompok umur.

"Ya semoga bisa membawa hasil maksimal sehingga di kemudian hari seperti Asian Games dan Olimpiade mereka juga bisa bersaing," kata Hartadi.

"Sebab, ajang ini sebenarnya menjadi salah satu kualifikasi menuju Youth Olympic Games juga. Jadi atlet yang lolos bisa langsung tercatat di Federasi Akuatik Dunia (FINA). Tahun 2014 kita ada dua orang Ricky Angga Wijaya dan Monalisa, nah tahun depan kita punya kuote empat putra dan empat putri untuk Youth Olympic tapi syaratnya harus lolos limit. Semoga bisa tercapai di sana," harap dia.

Terpisah, perenang estafet 400 gaya ganti Azzahra Permatahani mengaku sudah melakukan persiapan sejak bulan lalu di Bali bersama pelatihnya. "Sudah latihan serius dan fokus untuk kejuaraan ini karena memang buat kualifikasi Olimpiade junior juga," kata Azzahra.

"Ya, semoga waktunya bisa lebih baik daripada catatan waktu saya saat di SEA Games 2017 pada nomor 400 meter gaya ganti . Yang perlu diperbaiki saat ini sih seperti teknik di setiap masing-masing gaya, under waternya, kupu punggung, dana dada," ucap Azzahra yang mengikuti 9 nomor ini di kejuaraan kelompok umur tersebut.

Dari kejuaraan serupa yang dihelat di Thailand 2016, Indonesia meraih 24 medali emas, 17 medali perak, dan 12 perunggu. PRSI berharap tahun ini minimal Azzahra Permatahani dkk bisa meraih hasil yang lebih baik, atau minimal menyamai perolehan tahun lalu.

Berikut daftar perenang KU ke Brunei Darussalam:

Putra: Alexander Damanik, Athalarik Maulidio F., Azel Zeimi, Daniel Setyawan, Dwiki Anugrah, Erick Ahmad Fathoni, Farrel Armandio Tangkas, Muhammad Fauzan Martzah, Pande Made Iron Digjaya, Ahnaf Kamal Pasya, Kaikea Putraa Boyum, Cahya Erinjaya, Ricky Yudha Utama, Satria Andrew Tan

Putri: Adinda Larasati Dewi, Angel Gabriel Yus, Felicia Angelica, Sofie Kemala, Ni Luah Made Citra Dewi, Azzahra Permatahani, Fauziyyah Rahma P., Komang Adinda Nugraha
(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed